Krisis BBM, Penghematan Solusinya

0
162

TOTABUANEWS.COM, Kotamobagu– Keputusan pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang dampaknya dirasakan oleh siapa pun,

dampaknya sangat berpengaruh pada harga-harga bahan pokok, tarif angkutan umum dan lain sebagainya. Namun apa hendak dikata, sekuat apapun penolakan, pemerintah tetap akan menjalankan kebijakan tersebut, yang terpenting saat ini adalah solusi untuk mengimbangi dampak tersebut. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh salah satu mahasiswa STIE Widya Dharma Kotamobagu, Harto Podomi kepada TOTABUANEWS.COM, Senin (01/06) kemarin.

“Kebijakan nampaknya tidak akan berubah, saat ini solusilah yang harus dicari untuk mengimbangi kebijakan tersebut,” tuturnya.

Lanjutnya untuk solusi tersebut, mahasiswa dan juga masyarakat yang lain pun mesti memikirkan jalan alternatif untuk mengatasi dampak kenaikan harga BBM. Mengurangi hedonisme, mengatur pola konsumsi, manajemen anggaran, melakukan penghematan, meningkatkan produktivitas adalah beberapa hal yang dapat dilakukan.

“Kita dituntut lebih kreatif dan bekerja keras, terutama melakukan penghematan menghadapi krisis BBM saat ini,” paparnya.

Tambahnya lagi, apalagi menjelang bulan Ramadhan seperti ini merupakan saat-saat di mana jumlah pengeluaran mahasiswa sedang melonjak, terutama bagi mahasiswa yang hendak mudik ke daerah asalnya karena kuliah telah usai. Namun, tarif transportasi umum semakin mahal akibat harga bahan bakar juga semakin tinggi.

“Naiknya harga kebutuhan pokok dan lain sebagainya akibat kenaikan BBM dapat menjadi pemicu bagi kita untuk mengubah pola hidup dan menggunakan alternatif untuk memangkas pengeluaran. Mungkin itu solusi alternatif menjadi suatu jalan keluar untuk permasalahan kenaikan harga BBM ini. Tetap, mahasiswa mesti kritis dan terus mengawasi kebijakan-kebijakan pemerintah yang menyangkut hajat hidup orang banyak,”tutupnya. (m-11/Jm)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.