Lounching Kuota Gratis, Siswa SDN 1 Tanoyan Terpilih Wakili SD se-Indonesia Audiens bersama Tiga Menteri

0
160
Siswa SDN 1 Tanoyan saat mengikuti vidcon bersama Tiga Menteri.

TNews, BOLMONG – Mewakili SD se-Indonesia, salah satu siswa SD Negeri 1 Tanoyan, Kecamatan Lolalayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terpilih melakukan audiens secara langsung dengan tiga Menteri melalui Video Converence (Vidcon), Jumat (25/09/2020).

Kesempatan siswa asal bolmong bertatap muka dengan tiga Menteri tersebut diantaranya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Kominfo Johnni G Plate serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Kegiatan itu diketahui, terkait dengan launching kebijakan bantuan kuota data internet gratis tahun 2020 melalu program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain tiga menteri tersebut, hadir pula dalam Vidcon tersebut, Direktur Provider PT Telkomsel selaku penyedia bantuan kuota gratis.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bolmong Renti Mokoginta mengatakan, pihkanya sangat bersyukur karena salah satu sekolah di bolmong terpilih melakukan dialog secara langsung bersama dengan Tiga Menteri Negara tersebut.

“Satu kesukuran siswa kita yang terpilih dialog secara langsung. Para siswa didampingi oleh orang tua dan guru yang ada di SDN 1 Tanoyan,” ungkap Renti.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Abdul Rivai Mokoagow menjelaskan, audiens secara langsung dengan tiga Menteri ini dilakukan oleh siswa SDN 1 Tanoyan.

“Untuk tingkat SD se-Indonesia diwakili oleh SDN 1 Tanoyan. Mereka berdialog secara langsung dengan tiga Menteri terkait dengan bantuan kuota internet yang disediakan oleh Kemendikbud,” tutur Mokoagow.

Lanjutnya, khusus untuk Kabupaten Bolaang Mongondow, usulan yang masuk untuk permintaan kuota data internet baru sekitar 449 siswa.

“Itu yang mengusulkan langsung kepala sekolah. Bantuan yang diberikan secara langsung sesuai dengan nomor handphone yang didaftarkan oleh kepala sekolah,” ujar Rivai.

Tak hanya siswa saja yang mendapatkan kuota tersebut, guru-guru juga kata dia, kecipratan bantuan yang dianggarkan melalui APBN 2020 sebesar Rp. 7 Triliun lebih.

“Guru-guru juga kebagian jatah internet ini,” pungkas dia.

Sekedar informasi, berikut ini data bantuan yang dikucurkan oleh Kemendikbud terkait kebijakan bantuan internet gratis seperti dikutip dari Kompas.com :

Peserta Didik Jenjang PAUD: 20 GB per bulan dengan rincian:

5 GB kuota umum

15 GB Kuota Belajar 4 Bulan Durasi Bantuan

Peserta Didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah 35 GB/bulan dengan rincian:

5 GB Kuota Umum

30 GB Kuota Belajar 4 Bulan Durasi Bantuan

Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 42 GB/bulan dengan rincian:

5 GB Kuota Umum

37 GB Kuota Belajar 4 Bulan Durasi Bantuan

Dosen dan Mahasiswa: 50 GB per bulan dengan rincian:

5 GB Kuota Umum

45 GB Kuota Belajar 4 Bulan Durasi Bantuan

 

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.