Mahasiswa UNG Program MBKM Inisiasi Pembentukan Bank Sampah

0
57

TNews, KOTA GORONTALO  –  Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo yang tergabung dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) lakukan pemberdayaan masyarakat melalui pembentukan bank sampah di Desa Kaidundu Barat, Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango, Selasa, (25/10/2022.)

Kata Rewis Laki, selaku PLH Kepala Desa Kaidundu Barat, pemerintah desa sangat mendukung dan terbantukan dalam penanganan sampah.

“Tentunya kami selaku pemerintah desa mendukung program yanh dilaksanakan oleh mahasiswa dari UNG, Universitas Negeri Gorontalo. Terkait dengan pemberdayaan masyarakat melalui pembentukan bank sampah. Insha Allah apa yang disarankan oleh adik-adik mahasiswa ini bisa berguna untuk kami terutama Bahwa pemerintah desa itu sendiri, yang ada di Kaidundu Barat terkait dengan penanganan sampah,” Ujar Rewis Laki.

Sambungnya, pemerintah desa akan merealisasikan sampai ke wilayah masing-masing dusun dan bekerja sama dengan masyarakat terkait penanganan sampah.

“Harapan kami insha Allah apa yang diberi, dilaksanakan oleh mahasiswa ini terkait workshop pada hari ini, terkait dengan pembentukan bank sampah ini kami akan realisasikan sampai ketingkat bawah, itu terutama di wilayah masing-masing dusun yang ada di Desa Kaidundu Barat. Bagaimana supaya masyarakat akan sadar terkait dengan sampah itu sendiri,” pungkasnya.

Sementara itu, Kordinator Desa Fikran Badjeber, Menyampaikan bahwa dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah.

“Tujuan dari kegiatan yang kita selenggarakan hari ini bertujuan untuk mensosialisasikan program ataupun kinerja kita sebagai mahasiswa KKN terintergrasi Universitas Negeri Gorontalo, yaitu untuk bagaimana kita dapat membangun khususnya terhadap lingkungan bersih, sehat, melalui pemberdayaan masyarakat dari bank sampah,” kata Kordinator Desa.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup, Pertanahan dan Perhubungan Kabupaten Bone Bolango, Pemerintah Desa Kaidundu Barat, dan juga masyarakat Desa Kaidundu Barat.

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.