Wujudkan Sekolah Penggerak, Kepsek SMPN 1 Kaidipang Terus Berbenah

0
75

TNews, BOLMUT – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) l Kaidipang menjadi salah satu sekolah yang ditetapkan menjadi Sekolah Penggerak.

Ditetapkannya sebagai sekolah penggerak oleh Kementerian Pendidikan melalui seleksi yang sangat ketat.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Abdul Munif Buhang S.Pd M.Pd kepada Media ini saat bersua disekolah tersebut Senin, (06/02/2023).

Menurutnya, Tahun ini sudah memasuki tahun kedua setelah ditahun 2021 ditetapkan sebagai sekolah penggerak.

“Adapun Program Sekolah Penggerak menurut Munif adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa dengan mewujudkan profil belajar pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul,” ujarnya.

Program ini merupakan kolaborasi antara Kemendikbud dan pemerintah daerah untuk meningkatkan SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi dan pendampingan Pemerintah Daerah.

“Disamping itu Program ini juga untuk mendorong proses transpormasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik dari aspek penerapan sistem sekolah,” tambah dia.

Menurut Munif, untuk mewujudkan hasil belajar siswa yang diharapkan, dibutuhkan faktor-faktor pendukung, diantaranya,lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

“Selain itu juga Keuntungan sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah penggerak adalah peningkatan mutu hasil belajar dalam kurun waktu 3 tahun, serta peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru dan percepatan digitalisasi sekolah,” tutupnya.

Penulis Fadli Potabuga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.