Anies Akui Lebih Suka Jadi Gubernur

0
24
Anies Baswedan. Foto (gramedia.com)

TNews, NASIONAL – Anies Baswedan mengaku lebih suka menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta daripada menjadi dosen dan menteri. Menurutnya, bekerja sebagai gubernur dapat memberikan dampak secara langsung bagi publik.

“Di sini [jadi gubernur], saya merasakan betul betapa yang dikerjakan berdampak. Masalah yang dihadapi langsung kita bisa selesaikan,” kata Anies dalam Political Show, Rabu (5/10) malam.

Anies menilai ia telah melalui berbagai proses belajar selama menjabat jadi gubernur. Hal ini tak ia rasakan ketika menjabat sebagai Menteri Pendidikan 2014-2016 atau saat menjadi Rektor Universitas Paramadina.

Anies menyebut salah satu alasan ia belajar banyak karena semua urusan kompleks ada di Jakarta.

“Jadi saya mulai dari perlindungan perempuan disabilitas sampai persoalan gedung pencakar langit. Bayangin, rapat, satu topik selesai rapat itu, pindah soal tata ruang, pindah lagi soal pendidikan,” ujarnya.

Anies pun menyebut pengalamannya sebagai gubernur merupakan hal yang paling mengesankan dan membahagiakan. Alasannya, karena jabatan sebagai gubernur memberikan Anies kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang dan kepentingan umum.

“Ketika saya bekerja di Kementerian, sesungguhnya banyaknya bekerja hasilnya paper. Kebijakan, kertas-kertas kerja. I was dealing with paper not people. Sekarang dengan orang yang sesungguhnya,” katanya.

Lebih jauh, Anies mengaku bersyukur dengan jabatannya itu. Menurutnya, bukan puas atau tidak puas yang dijadikan takaran di akhir masa jabatannya, melainkan rasa syukur.

“Saya menikmati tugas ini sebagai amanah besar, saya terima dari warga Jakarta tapi juga sebuah amanah yang mengizinkan saya untuk bekerja sama dengan warga Jakarta, berinteraksi dekat,” tegasnya.

Diketahui, Anies akan mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022. Nantinya, pemerintah akan menunjuk penjabat gubernur hingga terpilih gubernur definitif lewat Pilkada 2024.

Sementara itu, Anies telah diusung oleh Partai NasDem untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

 

Sumber : cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.