Bantu Bersihkan Sisa-sisa Banjir, Iskandar Kamaru dan Istri Rela Mandi Pece

0
18

TNews, BOLSEL – Di tengah bencana banjir yang melanda Kecamatan Pinolosian Timur dan Pinolosian Tengah, Bupati Bolaang Mongondow Selatan, H. Iskandar Kamaru SPt, MSi, menunjukkan dedikasi tanpa tanding demi warganya.

Bukan hanya sekadar memantau dari jauh, Bupati Iskandar rela turun tangan langsung, bahkan sampai mandi pece (mandi lumpur), demi membersihkan sisa-sisa banjir dari rumah warga, tempat ibadah, hingga sekolah.

Aksi dilakukan di beberapa titik terdampak banjir, seerti di desa Torosik, Adow, Tobayagan induk, Tobayagan Selatan, Dumagin B dan Dumagin A.

Bupati Iskandar memimpin pasukan Pemkab Bolsel bersama Ketua TP-PKK Ny. Hj. Selpian Kamaru-Manoppo.

Bupati tidak segan-segan menginstruksikan setiap pimpinan OPD untuk mengawasi dan turut terlibat langsung dalam kerja bakti, memastikan bahwa tidak ada satu pun sudut wilayah yang terlewat dari pembersihan.

BACA JUGA : Bolsel Tenggelam, Pemkab Akan Gelar Konser

Dengan cara unik dan penuh kebersamaan, Iskandar memimpin pasukannya dalam formasi estafet, mengoper ember berisi lumpur, sebuah simbol nyata dari gotong royong yang tak kenal lelah.

Tak ketinggalan, Ketua TP-PKK Ny. Hj. Selpian Kamaru-Manoppo juga turut serta, mengkoordinir para ibu-ibu dalam membersihkan ruangan yang masih tergenang air sisa banjir.

Menariknya, saat istirahat Bupati Iskandar bersama jajaran OPD makan siang membawa bekal sendiri yang dibawa dari rumah masing-masing.

“Memang sebelum datang bekerja bakti, saya sudah menginformasikan kepada jajaran untuk membawa bekal sendiri agar nanti tidak memberatkan warga,” ujarnya.

Tak hanya itu, Bupati juga menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat yang terdampak banjir dengan menyalurkan ribuan paket bantuan di wilayah Pinolosian Tengah dan Timur.

Bantuan kemanusiaan tersebut disalurkan untuk korban Bencana alam banjir guna membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana banjir.

Adapun bantuan yang disalurkan mencapai 2.700 paket bantuan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolsel, Boby Sampe, mengatakan bantuan yang disalurkan berupa kebutuhan pokok seperti beras, mie instan, gula pasir, kopi, susu kental manis, dan ikan kaleng.

Menurut Boby, sebelumnya juga Pemkab Bolsel telah menyalurkan 500 karton air mineral ke wilayah banjir yang terdampak.

“Ini disalurkan untuk memastikan bahwa kebutuhan air bersih masyarakat terpenuhi,” ujarnya.

Boby juga menyampaikan, dibawah arahan Bupati dan Wabup, Pemda terus melakukan pemantauan dan koordinasi terkait wilayah-wilayah yang terdampak untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan.

Paling penting menurut Boby, bantuan ini untuk meringankan warga yang terkena musibah bencana banjir.

“Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, dan membantu mereka untuk bertahan hingga kondisi kembali pulih,” tutup Boby.

Terpisah salah satu warga yang terdampak bencana banjir desa torosik merasah legeh dengan kehadiran pemda Bolsel tersebut. “Alhamduliiah terima kasih pak bupati dan pemda sudah membatu kami,” ungkap warga. (Konni Balamba)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.