Bicara Soal Kesukuan, Sulman dan Gusril Yang Asli Kaur, Herlian Justru Keturunan Padang

0
13
Gambar: Bicara Soal Kesukuan, Sulman dan Gusril Yang Asli Kaur, Herlian Justru Keturunan Padang, (16/10/2024).

TNews, KAUR – Isu sukuisme terus dikembangkan di dalam proses tahapan kampanye Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kaur. Hingga saat ini masih banyak celotehan yang mengkait-kait kesukuan para Cabup.

Bicara kesukuan, tiga Cabup yang saat ini menjadi kontestan Pilkada Kaur hanya ada dua yang merupakan asli putra Kaur yakni Gusril Pausi dan Sulman. Sedangkan, Herlian Muchrim justru keturunan perantau asal Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Jadi, jangan ada lagi isu sukuisme yang dilontarkan dalam setiap pidato politik. Bukan hanya itu saja, isu sukuisme juga kerap diumbar di Media Sosial (Medsos).

Kalau mau bicara putra asli Kaur maka Cabup 02 dan Cabup 03 lah jawabannya. Sedangkan, Cabup 01 adalah asal Padang. Itu sebabnya kenapa, Herlian Muchrim lebih akrab disapa masyarakat dengan sebutan Uda Heri yang memiliki makna keturunan Padangnya masih melekat.

Justru orang seperti Sulman Aziz yang memang benar-benar putra asli kabupaten kaur yang telah mencari pengalaman yang luas di berbagai kalangan.

“Jangan ada lagi isu sukuisme dilontarkan. Siapapun Cabup adalah yang terbaik karena mereka lolos seleksi di KPU. Ketiganya juga punya visi misi yang jelas dalam program pembangunan daerah ini. Jangan buat masyarakat justru muak dan memilih sukuismenya,” ungkap salah seorang warga Kabupaten Kaur, . l Bahyu (52), Rabu (16/10/2024).

Isu sukuisme yang terus dikembangkan akan semakin memperkeruh suasana serta meningkatkan tensi politik. Maka dari itu, semua harus bisa menelaah sebelum mengembangkan isu ke masyarakat.

Lebih baik, paparkan program perencanaan jika terpilih ketimbang menyebar isu sukuisme yang dapat merusak tatanan politik di masyarakat.*

Peliput: Mr. MPs

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.