Burung Maleo Bakal Jadi Logo Pilkada Bolmong

1
865
Burung Maleo Bakal Jadi Logo Pilkada Bolmong
TOTABUANEWS, BOLMONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow telah mempersiapkan gambar burung maleo untuk dijadikan logo Pilkada Bolmong 2017.  Hal itu, dikatakan Komisioner KPU Bolmong, Divisi Sosialisasi dan SDM, Daendels Somboadile
Dijelaskan, burung maleo hanya hidup dibeberapa tempat termasuk wilayah pesisir Bolmong. Keunikan burung ini karena sangat mandiri, sejak masih berbentuk telur hingga menetas. “Uniknya Burung ini bisa langsung terbang setelah menetas dari telur. Itu artinya mandiri seperti salah satu azas KPU,” katanya.
Akan tetapi kata Daendels, pihak mereka masih meminta masukan terkait dengan logo dan tema Pilkada 2017. Rencana tersebut melalui Forum Discussion Group (FGD) yang tak lama lagi digelar.
Tambah Daendels, biasanya logo pemilihan dan tema di sayembarakan. Namun, karena struktur penganggaran sekarang ini tak memungkinkan, maka mereka hanya menggali masukan dari berbagai kalangan yang akan diundang nanti. “Kami akan mengundang dari unsur akademisi, toko agama, toko adat dan perwakilan elemen di Bolmong. Waktunya, nanti akan dibahas dulu di internal KPU,” kata Daendels.
Namun, sebelum dibahas, Daendels menjelaskan bahwa draft tema Pilkada adalah “Pilkada Bermartabat, Beradab dan Beradat”. Tentu KPU punya dasar pemikiran sehingga tema ini muncul. Menurut Daendel, hal ini juga untuk memperkuat simbol-simbol daerah, apalagi ada sejarah perjanjian Paloko dan Kinalang yang menurut kami adalah kekayaan budaya yang perlu dilestariakan. “Perjanjian inikan sangat erat kaitannya antara pemimpin dan rakyat,” kata Daendels.
Sementara itu, Ketua KPU Bolmong, Fahmi Ghazali Gobel, menambahkan setiap yang akan dilaksanakan KPU dan bisa dibahas bersama dengen elemen masyarakat maka akan dilakukan, sehingga Pilkada di Bolmong ini benar-benar adalah pesta politik, dan melibatakan elemen masyarakat. “Kecuali hal-hal yang sudah diatur dan terlalu teknis tentu itu adalah ranah KPU,” tambahnya.
Konni Balamba

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.