Eks Petinggi PPP Buat Forum Tampung Kader Dukung Anies di Pilpres 2024

0
63
Eks petinggi PPP akui kader ingin Anies Baswedan capres di Pilpres 2024. ( foto : cnnindonesia )

TNews, POLITIK – Mantan petinggi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang kini membentuk Forum Ka’bah Membangun (FKM) Habil Marati mengatakan para konstituen PPP yang tergabung dalam Forum Ka’bah Membangun akan mendeklarasikan dukungan bagi Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Habil mengklaim mayoritas konstituen PPP justru mendukung Anies sebagai capres.

“Betul, 90 persen konstituen PPP itu dukung Anies. Nanti di Jogja itu deklarasi November. [Deklarasi oleh] Forum Kakbah Membangun. Di Jogja akan dihadiri kurang lebih 10 ribu orang,” kata Habil Jumat (28/10 lalu.

Habil turut mengklaim Forum Kakbah Membangun yang dipimpinnya selama ini kerap mengelola dan menjaga para konstituen PPP. Ia juga menyebut konstituen PPP yang mendukung Anies banyak yang bergabung dalam barisan ini.

Tak hanya di Yogyakarta, Habil mengatakan rencana deklarasi dukungan bagi Anies itu akan digelar di pelbagai wilayah secara bertahap hingga Oktober 2023 mendatang.

“Nanti ada di Sulawesi, Padang, Jateng. Pokoknya deklarasi sampai Oktober 2023 nanti akan ada deklarasi. Saya bilang konstituen PPP itu pasti ke Anies,” kata dia.

Di sisi lain, Habil menilai ada kemungkinan PPP tak akan lolos ambang batas parlemen alias parliamentary threshold di Pemilu 2024 bila tak mendukung pencapresan Anies.

Ia juga meminta agar berhati-hati bila ada kader PPP yang memberi dukungan di luar Anies. Baginya, dukungan di luar Anies dianggap seperti memberi cek kosong.

“Kemungkinan pertama [bila tak dukung Anies] adalah PPP enggak lolos parlemen. Lalu kemungkinan kedua adalah konstituennya lari ke Anies. Ya kaya ngasih cek kosong [kalau dukung calon lain],” kata dia.

Sebagai informasi, Habil Marati pernah menjabat sebagai bendahara umum (Bendum) saat partai berlambang kakbah ini dipimpin Suryadharma Ali.

PPP sampai saat ini belum mendeklarasikan calon presiden yang akan didukungnya di Pilpres 2024 mendatang. Di sisi lain, PPP sudah bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PAN.

Koalisi ini sudah memenuhi syarat mencalonkan presiden sendiri yaitu memiliki 25 persen suara sah nasional atau 20 persen kursi di DPR. Akan tetapi, koalisi ini juga belum mendeklarasikan dukungan bagi sosok tertentu untuk diusung sebagai capres.

Sumber: indomerdeka.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.