Gagal Tembus Parlemen 2019, Partai Garuda Coba Peruntungan 2024

0
52
Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda) kembali lolos sebagai salah satu dari 17 parpol peserta Pemilu 2024. (Foto: Suarasurabaya)

TNews, POLITIK – Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda) kembali lolos sebagai salah satu dari 17 parpol peserta Pemilu 2024.

Ini menjadi kali kedua partai yang dideklarasikan pada 16 April 2015 mencoba peruntungan meraih dukungan masyarakat Indonesia untuk meraih kursi kekuasaan. Partai Garuda kini mendapatkan nomor urut 11.

Partai Garuda sempat lolos sebagai peserta Pemilu 2019 lalu. Namun, partai ini gagal total menempatkan wakilnya di Parlemen Senayan.

Partai Garuda hanya mampu mendapatkan 702.536 suara atau 0,50 persen dari suara sah nasional. Partai ini menempati posisi kedua terbawah. Masih Lebih banyak ketimbang Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Berbeda dengan partai lain yang memiliki tokoh sentral identik dengan partai, tokoh utama yang tercantum dalam daftar pimpinan Partai Garuda cenderung belum banyak dikenal publik sampai saat ini.

Bahkan, Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana malah lebih dikenal sebagai adik dari Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta sekaligus mantan Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Bahkan, Ahmad Ridha sempat tercatat sebagai salah satu calon legislatif Partai Gerindra pada Pemilu 2014.

Partai Garuda memiliki visi terwujudnya cita-cita perubahan Indonesia. Partai ini terlihat lebih banyak bergerak dalam sunyi untuk mencapai target maupun agenda politiknya. Bahkan, pada Pemilu 2019 lalu Partai Garuda memutuskan netral tak mengusung kandidat calon presiden tertentu.

Ridha mengakui Partai Garuda selama ini tak terlalu tampak di permukaan karena tak punya kader yang dikenal publik. Ia mengklaim Partai Garuda dibentuk atas dasar cara berpikir yang anti-mainstream atau tidak lumrah.

“Kami tidak mainstream. Mainstream yang saya maksud adalah ada tokoh besar di belakang, ada uang besar di belakang. Semua kantor di daerah dari DPC dan DPD tidak kami biayai sepeser pun,” ujar Ridha saat diwawancarai.

Sumber: antaranews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.