Gelar Sosialisasi Pencalonan Perseorangan, Ardilles: Semua Pihak Harus Kita Sampaikan Supaya Tidak Ada Hambatan Informasi

0
16
Loading...

Tnews.com-Manado-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut  Menggelar Sosialisasi  pencalonan perseorangan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi Utara di Hotel Aston Manado rabu (4/12/19).

Dibuka langsung oleh Ketua KPU Sulawesi Utara  DR Ardiles Mewoh kegiatan ini di hadiri oleh berbagai elemen masyarakat antara lain Komisioner 15 kab/Kota, Staf Ahli Gubernur Bagian Pemerintahan Hukum dan Politik Ferry Sangian, Forkopimda, LSM, Mahasiswa, Insan Pers serta tamu undangan lainnya.

Kepada awak media, Ketua KPU Sulut Ardilles Mewoh mengatakan bahwa kita prinsipnya ingin semua terkait dengan tahapan pilkada di ketahui oleh publik secara luas. Terutama tentu terkait tahapan yang paling kruisial dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan itu untuk pencalonannya.

“Pencalonan kan tadi sudah dijelaskan ada jalur partai politik, ada jalur perseorangan. Perseorangan ini terbuka luas kesempatan kepada seluruh masyarakat yang menenuhi persyaratan,” ujar Mewoh.

Mewoh juga menjelaskan bahwa kita perlu sosialisasi secara menyeluruh, kalau parpol terbatas kepada parpol, tapi kalau calon perseorangan semua pihak harus kita sampaikan supaya tidak ada hambatan informasi kepada semua pihak untuk  mengetahui regulasi, ketentuan-ketentuan teknis, skema waktu tahapan itu bgmna.

“Itu kan penting untuk kita sosialisasi. Jadi, semua pihak kita undang untuk kita sosialisasikan terkait pencalonan lewat jalur persorangan,” jelasnya

Lebih lanjut dikatakannya, kalau untuk calon perseorangan ini kita sudah mulai umumkan sejak kemarin tanggal 3, kita umumkan lewat media cetak dan elektronik terkait dengan jadwal penyerahan, tempat penyerahan. Untuk jadwal penyerahan sendiri itu nanti mulai tanggal 16-20 Februari 2020.

“Ada lima hari waktu kesempatan kepada bakal calon perseorangan untuk menyerahkan dokumen-dokumen di KPU. Tapi sekarang ini sudah bisa bagi siapa saja yang punya keinginan untuk terlebih dahulu melakukan misalnya konsultatlsi ke KPU akan ada aplikasi untuk memudahkan baik sebagai peserta maupun penyelenggara.” kuncinya

(DVD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.