Harapan Ketua DPRD Flores Timur di Momen Hari Pers Nasional

0
161
Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur, Robertus Rebon Kreta

TNews, FLORES TIMUR – Momen Hari Pers Nasional, Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur, Robertus Rebon Kreta, menyampaikan harapannya untuk insan pers,  Ia berharap pers dapat terus menjaga posisinya sebagai pilar demokrasi,  dengan menyebarkan informasi faktual, edukatif dan menginspirasi.

“Robertus  menilai, peran pers dalam menyebarkan informasi sangat dibutuhkan, khususnya di tengah perkembangan zaman saat ini. Sebab, perkembangan zaman yang dinamis ini menuntut masyarakat untuk cepat beradaptasi dengan segala perubahan.

“Pers punya peran yang sangat strategis dalam mewujudkan pembangunan sesuai dengan arah yang kita cita-citakan bersama. Melalui produksi berita, Pers mengingatkan pemerintah, politisi, dan semua masyarakat akan realitas yang terjadi hari ini sekaligus mewanti-wanti berbagai kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang,” ujar Politisi PDI Perjungan ini,  dalam keterangannya  Kamis  (9/2/2023).

Lebih lanjut, Sekertaris PDIP Perjuangan Flores Timur ini,  menyampaikan, insan pers harus dapat memanfaatkan peran strategis tersebut dengan baik. Terlebih, saat ini bangsa Indonesia membutuhkan narasi yang dapat menjaga persatuan, serta informasi yang akurat.

Pers sangat membantu dalam penyebaran informasi berbagai kondisi itu dengan tetap menjaga nalar kritis masyarakat kita, menjembatani aspirasi masyarakat agar dapat menjadi input bagi pengambil kebijakan untuk menentukan keputusan yang perlu diambil,” ungkapnya.

Robertus mengatakan, di tengah era digitalisasi dan perkembangan teknologi, kini masyarakat semakin mudah untuk mencari dan menyebarkan informasi.

“Bahkan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat masyarakat mudah memproduksi informasi dan menyebarkannya ke public,” katanya.

Banyak hal positif dari kemudahan tersebut, tetapi juga banyak negatifnya misalnya informasi hoax yang kemudian viral sehingga dianggap sebagai kebenaran informasi yang disampaikan pers melalui karya jurnalistik dapat meluruskan kekeliruan tersebut untuk menjaga Persatuan kita,khususnya di Flores Timur.

Memasuki tahun politik menuju 2024, Politisi PDI Perjuangan ini mengingatkan pers untuk memberikan informasi yang edukatif kepada masyarakat  dan menjadi Fungsi kontrol baik Eksekutif  maupun Legislatif.

“Selamat hari pers nasional. Tetap menjadi pilar demokrasi dengan menjaga independensi, berpihak kepada kemaslahatan. Pers kuat Indonesia maju,” pungkasnya.

Reporter : Bram Muda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.