Jerry Massie: SHS Tokoh Fenomenal

0
23
Jerry Massie

TNews, MANADO – Ketokohan mantan Gubernur Sulut 2 periode, almarhum Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS), memang harus diakui sebagai sosok inovatif, inspiratif, smart dan seorang tokoh fenomenal. Hal itu seperti tercermin dari pernyataan pengamat politik kondang Jerry Massie.

Kepada Tim Redaksi Totabuan News, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini menegaskan, SHS disejajarkan dengan tokoh-tokoh tersohor Sulut diantaranya LN Palar (Utusan PBB pertama) Arnold Mononutu, AA Maramis (Menteri Keuangan ke-3 RI), Daniel Jan Massie (3 kali menteri era Soekarno) bahkan DR Samratulangi tokoh fenomenal Bumi Nyiur Melambai sepanjang masa.

“Tentu ini sesuai apa yang sudah almarhum lakukan untuk Sulut. Sejumlah iven internasional CTI – Summit, Sail Bunaken dan WOC serta masih banyak lagi menjadi bukti grand design SHS sangat fantastis,” ujarnya.

Bahkan, Jerry berpendapat, akan membutuhkan waktu dan berapa generasi untuk memiliki gubernur sama seperti pemikiran SHS. “Dengan judul disertasinya terkait konsep Pasifik maka almarhum saya kira adalah titisan Gubernur Sulawesi pertama DR Sam Ratulangi,” tegasnya.

Selain itu Ia menambahkan, SHS merengkuh gelar doktornya universitas ternama di UGM dengan judul disertasi : Keunggulan Geostrategi Provinsi Sulawesi Utara Sebagai Pintu Gerbang Indonesia Kawasan Asia Pasifik : Studi Mengenai Pengembangan Pemikiran Sam Ratulangi Tentang “Indonesia di Pasifik” dan Peranan Sulawesi Utara.

“Ini bukti kepiawaian beliau. Apalagi 4 kali dia membawa Sulut menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Bahan kala itu PRDB,  PDB serta economic growth (Pertumbuhan Ekonomi) Sulut secara avarage hampir seperti pertumbuhan nasional yakni mencapai 6,5 persen,” katanya lagi.

Di masa kepemimpinan Gubernur SHS, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulut peringkat ketiga nasional di bawah DKI Jakarta dan Yogyakarta. Teruatama di bidang ketenagakerjaan, Angka pengangguran pada tahun 2011 berada pada kisaran 9,19 persen, dan turun menjadi 6,68 persen di tahun 2013.

“Semoga perjuangan, legacy dan cita-cita almarhum akan tetap hidup di tanah tercinta Sulut,” tutup Jerry sembari mengingatkan bahwa SHS juga adalah tokoh kerukunan dan pemersatu bangsa saat dia menangani konflik Maluku dan Malut, saat itu sebagai Pjs Gubernur dua provinsi.

 

David Rumondor

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.