Kisi-kisi Jagoan PDIP di Pilgub DKI

0
124
Hasto Kristiyanto (foto google)

TNews, POLITIK – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bicara kisi-kisi kader partai yang potensial untuk maju Pilgub DKI 2024. Siapa saja?

Kontestasi Pilgub DKI bakal digelar 2024 mendatang. Namun sejumlah tokoh sudah masuk bursa calon DKI 1.

Khusus PDIP, Hasto menyebut memiliki banyak stok kader yang mumpuni untuk gantikan Anies Baswedan di Jakarta dua tahun mendatang. Salah satunya Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma).

Hasto mengatakan Risma sudah teruji dan partainya tak melihat seberapa banyak penghargaan yang diterima mantan Wali Kota Surabaya itu. Hasto menyebut PDIP melihat perubahan kultural yang terjadi saat Risma menjabat kepala daerah dua periode.

Dalam hal ini, Hasto pun menyinggung nama Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

“Ya kalau kualifikasi kepemimpinan Ibu Risma kan sudah teruji. Saya tidak melihat dari berapa banyak penghargaan yang diterima Ibu Risma, tapi dari perubahan kultural di dalam mengubah Kota Surabaya. Bukan hanya Ibu Risma, ada Pak Hendi Wali Kota Semarang,” kata Hasto Kristiyanto di Jalan Inspeksi Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur, Minggu (9/1/2022).

Hasto juga bicara soal potensi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam Pilgub DKI. Dia menyebut putra sulung Presiden Joko Widodo itu harus menunjukkan kualitas kepemimpinannya terlebih dahulu karena belum genap satu periode.

“Kalau Mas Gibran kan satu periode belum, sehingga ya Mas Gibran harus menunjukkan kualitas kepemimpinannya di dalam mengubah Kota Surakarta,” kata Hasto.

Hasto membocorkan beberapa kualifikasi yang harus dimiliki kader untuk maju dalam kontestasi politik. Menurut Hasto, kader itu harus mampu membuktikan politik tata ruang, politik hijau dan harus membuat rakyat merasa nyaman.

“Tetapi banyak kepala daerah PDIP yang mampu membuktikan politik tata ruang, politik hijau yang membuat rakyat merasa nyaman, merasa cinta dengan lingkungannya. Ini yang harus kita dorong dan Pilkada DKI masih lama 2024, PDIP tidak pernah kekurangan calon pemimpin, termasuk calon gubernur dan wakil gubernur DKI karena proses kaderisasi terus-menerus dilakukan partai,” kata Hasto.

Hasto menyebut kader partai berpotensi maju Pilgub nantinya akan akan dipilih langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Ibu Mega yang secara konstitusional itu memiliki kewenangan untuk menetapkan, tetapi saya dan Pak Basarah ini terus menjadi pengajar di sekolah partai,” kata Hasto.

Selain Risma dan Hendi, Hasto juga menyebut nama Budi Sulistiyono atau Kanang dan I Made Agus Mahayastra serta Ni Putu Eka Wiryastuti yang memiliki potensi ikut kontestasi politik Pilgub DKI.

“Pak Kanang Bupati Ngawi, ada di Bali itu kita punya yang sudah dua periode bagus, Pak Agus Mahayastra, kemudian ada Bu Eka Bupati Tabanan, cukup banyak stok pemimpin yang dimiliki PDIP,” katanya.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.