KPU Gelar Bimtek Verifikasi Faktual Pasangan Calon Perseorangan

0
53
KPU Kotamobagu Bakal Plenokan Hasil Verifikasi Data Dukungan Perseorangan
Asep Sabar
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu, menggelar Bimbingam Teknis (Bimtek) Verifikasi Faktual Pasangan Calon Perseorangan dalamPemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu, bertempat di kantor KPU, Sabtu (10/12/2017).
“Bimtek ini digelar untuk mempersatukan persepsi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar bisa optimal dalam melakukan tugas,” kata Ketua KPU, Nova S. Tamon melalui Komisioner KPU, Divisi Perencanaan dan Data, Asep Sabar.
Bimtek dilakukan menyusul adanya penelitian  faktual tingkat desa dan kelurahan.
“Sesuai jadwal absensi yang ada, sekitar 78 peserta yang hadir diharapkan bisa maksimal dalam menjalankan tugas untuk melakukan pendataan ke lapangan atau penelitian faktual tingkat desa dan kelurahan,” jelasnya.
Titik berat penelitian adalah keterlibatan atau keikutsertaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan penyelenggara.
“Yang jelas ASN dan penyelenggaran gak bisa, kalaupun ada ya otomatis digugurkan. Dan penelitian ini akan mulai dilakukan, on the spot dari rumah ke rumah, sejak tanggal 12 sampai 25, oleh PPK dan PPS serta do dampingi KPU, sebelum nantinya pada tanggal 26 PPS akan melakukan rekapitulasi,” pungkasnya.
Terpisah, Lisa Makalalag salah satu peserta mengatakan Bintek ini sangat membantu untuk lebih meningkatakan profesional penyelenggara.
“Ya, Bimtek ini sangat perlu untuk lebih mengoptimalkan kinerja dilapangan, khususnya bagi para PPK dan PPS, disamping bisa menjadi bekal bagi para penyelenggara untuk bertindak,” singkatnya.
Peliput: Non

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.