Maju ke DPR RI Lagi, Yasti Banyak Kelebihan

0
3533
Yasti Soepredjo Mokoagow.

TNews, POLITIK – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, hampir dipastikan tak akan maju lagi dalam Pilkada Bolmong untuk periode 2024-2029.

Sosok politisi perempuan Bolmong Raya yang perna duduk sebagai anggota DPR RI dua periode ini, dikabarkan akan bertarung lagi pada pemilu 20224 nanti untuk merebut kursi DPR RI.

Hal itu juga terungkap dalam pernyataan Yasti belum lama ini. “Petunjuk Pak Gub (Olly Dondokambey) di DPR RI,” kata dia kepada wartawan di Kantor Gubernur, Selasa (25/1/2022).

Yasti Soepredjo mengatakan, ia ke DPR RI bakal diusung PDIP. “Dari PDIP,” ujar Yasti.

Terkait hal ini pun mendapat tanggapan dari Pengamat Politik Ferry Liando.

Menurutnya jika benar Yasti akan digadang PDI-P pada calon anggota DPR RI di Pemilu 2024 hal itu bila akan terjadi kemungkinan besar.

Karena PDI-P berusaha mendominasi perolehan kursi perwakilan dan tentang ingin menjadi penguasa di Sulut.

“Sebab dengan memilih Ibu Yasti, maka peluang PDI-P tetap akan menguntungkan. Selain itu Yasti memiliki banyak kelebihan.” ujarnya.

Lebih lanjut Akademisi Unsrat ini menyebut Ibu Yasti tak hanya memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi karena popularitas sebagai bupati.

Namun turut merepresentasikan 3 hal yaitu representasi etnik Bolmong, representasi perempuan dan representasi muslim.

“Jadi tidak sulit bagi yasti untuk mendapatkan kursi itu. Apalagi sejumlah kepala daerah di Bolmong raya memiliki kedekatan emosional dengan ibu yasti seperti Wali Kota Kotamobagu Ibu Tatong dan Pak Bupati Boltim Sachrul Mamonto,” jelas Liando.

“Apalagi pengalaman selama ini, kontribusi kepala daerah dalam memenangkan calon yang di dukung sangat efektif dan berpengaruh besar,” tambahnya.

Adapun nama lain yang berpotensi maju dari PDI-P serperti Rio Dondokambey, James Sumendao dan Vanda Sarundajang, menurut Liando tak bakal mempengaruhi Elektabilitas yasti.

“Hal itu terjadi karena segmentasi pemilihnya sangat berbeda. Segmentasi pemilih Yasti kemungkinan besar dari mayoritas etnik Bolmong dan kalangan umat muslim,” pungkasnya.

Yasti Soepredjo bukan sosok baru di panggung politik nasional. Ia termasuk satu angkatan dengan Olly Dondokambey ketika masih berkiprah di Senayan.

Ia dua periode menjabat Anggota DPR RI, sebelum akhirnya mundur tahun 2017 untuk maju dalam pemilihan Bupati Bolmong.

Yasti Soepredjo ketika maju sebagai Anggota DPR RI diusung Partai Amanat Nasional, bahkan ia ketika berkiprah di Senayan, ditunjuk menjadi Ketua Komisi di DPR RI.

Tim Redaksi Totabuan News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.