Ormas dan Pelajar Deklarasi Sahabat Panwaslu

0
53

TNews, POLITIK – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Baolan menggelar Deklarasi Sahabat Panwaslu, dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Pengawasan Pilkada Partisipatif melibatkan 20 Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) serta pelajar se-Kecamatan Baolan, Sabtu (24/10/2020).

Kegiatan deklarasi ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara 20 OKP, ORMAS serta pelajar dengan Panwaslu Kecamatan Baolan tentang pengawasan partisipatif Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 dimana poin pentingnya adalah OKP, ORMAS serta pelajar yang tergabung dalam Sahabat Panwaslu akan turut serta mewujudkan Pilkada yang jujur dan adil di wilayah Kecamatan Baolan.

Ketua Panwaslu Kecamatan Baolan yang juga merupakan alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Bawaslu RI Angkatan ke II, Fachri Fareza Abas mengatakan, kegiatan ini merupakan pendidikan pemilu serta wujud pelibatan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam mengawal setiap tahapan Pilkada serentak di Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah.

“Sebagai alumni SKPP Bawaslu RI saya coba menuangkan terapan hasil kertas kerja dan program SKPP Bawaslu RI Angkatan II yakni dengan pelibatan OKP maupun ORMAS untuk memperkuat pengawasan pemilu,” ujar Fachri.

Lanjut Fachri, keterlibatan masyarakat dalam melakukan pengawasan tidak saja akan memperkuat kemampuan pengawasan pemilu namun juga mendorong perluasan wilayah pengawasan bahkan memungkinkan akan memperkuat posisi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai lembaga pengawasan yang kuat karena ada representasi lembaga negara dan rakyat (Masyarakat sipil).

“Sekaligus menjadi media komunikasi pendidikan politik bagi masyarakat tentang partisipasi dalam pelaksanaan Pemilu terutama berkenan dengan peran strategis pengawasan dalam mendorong terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil,” tambahnya.

Adapun OKP, ORMAS dan Pelajar yang tergabung dalam Sahabat Panwaslu antara lain Nahdlatul Ulama kab. Tolitoli, GP Ansor Tolitoli, Satkorcab Banser Tolitoli, HMI Cabang Tolitoli, PMII Cabang Tolitoli, IKAMI Sulsel Cabang Tolitoli, DPD KNPI Tolitoli, LBH Progresif Tolitoli, Kongres Advokat Indonesia Kab. Tolitoli, PB. PERPIT, GPII Cab. Tolitoli, AMI Cabang Tolitoli, Pemuda Gereja Protestan Tolitoli, Forum Bikers Tolitoli, GPS Tolitoli, KKSS Tolitoli, Karang Taruna Ampera Desa Buntuna, Pemuda Tani Cabang Tolitoli, Pemuda Tolitoli Bersatu dan Osis/Pelajar.

Selain deklarasi dan rapat koordinasi kegiatan juga dirangkaikan dengan sosialisasi pengawasan partisipatif yang dibawakan oleh Dr Salawati selaku akademisi di bidang kepemiluan juga berpengalaman sebagai pemantau pemilu independen tahun 2004 serta Tim Seleksi KPU Zona 2 Provinsi Sulteng Tahun 2018.

 

Sumber: berita manado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.