Pengganti Hanafi Rais Dilantik

0
1494

TNews, POLITIK – DPR melantik anggota dewan baru hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) dari Fraksi PAN. Anggota tersebut yakni Ibnu Mahmud Bilalludin yang menggantikan Hanafi Rais.

Pelantikan itu dilakukan dalam rapat paripurna terkait pandangan fraksi tentang pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN tahun 2020 di Gedung DPR, Senayan, Kamis (19/8/2021). DPR melantik Ibnu Mahmud Bilalludin menggantikan Hanafi Rais sebagai anggota dewan.

“Perlu kami beritahukan bahwa pimpinan dewan telah menerima petikan surat Presiden RI nomor 96/P tahun 2021 tanggal 19 Juli 2021 tentang peresmian pergantian antar waktu anggota dewan sisa masa jabatan tahun 2024 atas nama Ibnu Mahmud Bilalludin dapil Yogyakarta menggantikan saudara Hanafi Rais,” kata Wakil Ketua DPR Rachmad Gobel.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Mahmud dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani. Dia didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Azis Syamsuddin, Rachmad Gobel saat pengambilan sumpah.

“Patut saya ingatkan bahwa sumpah yang akan saudara ucapkan mengandung tanggungjawab terhadap bangsa dan negara RI, tanggungjawab memelihara dan menyelamatkan pancasila dan UUD RI 1945. Sumpah ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran, saya harap saudara ikuti lafal sumpah yang akan saya pandu,” kata Puan.

Setelah itu, Puan memandu Mahmud mengucapkan sumpah jabatan janji sebagai anggota dewan. Pelantikan berlangsung singkat, setelah sumpah jabatan sebagai anggota DPR, langsung dilakukan penandatanganan berkas.

DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD tahun 1945, bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan, bahwa saya akan memperjuangkan, aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” demikian bunyi sumpah.

Sebelumnya, Hanafi Rais mundur dari PAN dan keanggotaannya di DPR dari Fraksi PAN, sejak awal Mei 2020 lalu. Hanafi mundur dan mengungkap kekecewaannya atas hasil Kongres PAN lalu yang kembali memenangkan Zulkifli Hasan sebagai ketum.

Dalam surat itu disebutkan Hanafi menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI Fraksi PAN periode 2019-2024. Surat tersebut dibenarkan oleh loyalis Amien Rais, Agung Mozin.

“Bener banget. Iya total mundur (dari kepengurusan, Ketua Fraksi PAN, dan anggota Fraksi PAN DPR RI periode 2019-2024),” ungkap Agung kepada detikcom, Selasa (5/5).

Sumber : detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.