Pertarungan Dapil 4 Kotamobagu : Kembalinya Sang Mantan dan Pengusaha Pembayar Pajak Terbesar

0
184
Hi Djelantik Mokodompit dan Titi Jonatan Gumulili

TNews, KOTAMOBAGU – Daerah Pemilihan (Dapil) Empat Kotamobagu menjadi sorotan pada Pemilihan Legislativ (Pileg) 2024.

Betapa tidak, dapil yang ada di Kecamatan Kotamobagu Barat menjadi pertarungan sejumlah figure hebat yang memiliki nama besar.

Deretan nama-nama incumbent anggota DPRD Kotamobagu masih mengisi Daftar Calon Tetap (DCT) KPU Kotamobagu dapil 4. Seperti Yosi Samad (PKB), drg. Haris Mongilong (PDIP), Royke Kasenda (PDIP), Fachrian Mokodompit (Golkar), Syarifuddin Modokongan (Nasdem), Regie Manoppo (Demokrat), Adityo Pantas (Nasdem), dan Suharsono Marsidi (Hanura).

Namun yang paling menarik, adalah kehadiran dua sosok ini di dapil 4 Kotamobagu, yakni Politisi senior partai Golkar Hi Djelantik Mokodompit dan pengusaha terkenal Titi Jonatan Gumulili.

Djelantik Mokodompit adalah ‘Sang Mantan’ yang Kembali ke panggung poltik 2024, dengan menjadi salah satu caleg partai Golkar nomor urut Satu.

Pengalamanya dalam Eksekutif dan legislative sudah sangat matang, dia pernah menjabat anggota DPR RI dua periode, Wali Kota Kotamobagu periode 2008 – 2013, dan pernah menjadi salah satu pimpinan di DPRD Kota Kotamobagu periode 2014 – 2019.

Tentu dengan bagitu, pengalaman politiknya tidak bisa diragukan, apalagi saat ini Ia masih menjabat sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Kotamobagu. Sehingga pengaruhnya dalam Pileg di Kotamobagu akan sangat diperhitungkan, Papa Raski (sapaan akrab) berpeluang lagi terpilih menjadi anggota DPRD Kotamobagu pada Pileg 2024.

Sedangkan sosok Titi Jonatan Gumulili, Caleg PDI Perjuangan dengan nomor urut Lima, adalah pendatang baru dalam dunia politik.

Meski belum memiliki banyak pengalaman dalam dunia Politik, namun kehadiran salah satu pengusaha pembayar pajak terbesar di Kotamobagu ini, cukup mengacak-ngacak konstalasi politik di dapil 4 terutama pada persaingan di internal caleg PDIP di dapilnya.

Posisi icumbent PDIP seperti drg. Haris Mongilong dan Royke Kasenda agak sedikit terganggu dengan kehadiran pemilik Hotel Tita ini. Kekuatan finansial Koh Titi tentu sangat mendukung dan bisa mengantarnya ke DPRD Kotamobagu periode 2024 nanti.

Diketahui, selain Djelantik, Koh Titi dan beberapa incumbent, ada beberapa nama cukup popular juga yang akan bertarung di dapil 4 Kotamobagu.

Diantaranya, Saidin Mokoginta dari PKB (merupakan mantan anggota DPRD Bolmong), Dahlan Manggo (Politisi Partai Gerindra), Rudini Sako dari Partai Golkar (merupakan mantan anggota DPRD Kotamobagu), Tri Hardaningsih Mokobombang dari Partai Nasdem (merupakan mantan anggota DPRD Kotamobagu), Mahmud Soleman dari Partai Nasdem adalah mantan Lurah Gogagoman, Hamzah Kastur dari PKS (salah satu mantan pejabat di Pemkot Kotamobagu), Sukamulia Lobud dari PKS (jurnalis senior), Hi. Nini Mokodompit dari Hanura (mantan Lurah Gogagoman), Ir. Ahmad Zulfi Mokodompit dari Hanura (mantan pejabat pemkot Kotamobagu), Tony Ponongoa dari Demokrat (mantan Lurah Mogolaing), dan masih ada beberapa caleg lainnya.

Penulis : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.