Pilgub Sulut 2024 Seksi, Jokowi – Prabowo Pecah Kongsi

0
150

TNews, SULUT – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sedang bersiap-siap menghadapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) 2024, yang disebut-sebut sebagai Pilgub paling menarik di wilayah Indonesia Timur.

Keterlibatan dua tokoh nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto, menjadikan Pilgub Sulut ini lebih menarik dan penuh intrik politik.

Kedua tokoh tersebut seolah-olah “pecah kongsi” dalam Pilgub Sulut kali ini. Di satu sisi, Prabowo Subianto menugaskan Yulius Komaling sebagai calon gubernur. Di sisi lain, Jokowi menjagokan Elly Lasut sebagai calon gubernur dan menunjuk Jan Maringka sebagai pendampingnya.

BACA JUGA : RESTU ISTANA : Jokowi Sebut Elly Lasut Bagus

Pertarungan antara kubu Jokowi dan Prabowo ini menambah bumbu dalam kontestasi politik di Sulawesi Utara.

Dalam hal dukungan politik, Elly Lasut dan Jan Maringka tampaknya memiliki peluang lebih besar. Mereka didukung oleh koalisi kuat, salah satunya adalah partai Jokowi yakni PSI yang diketuai oleh putra Jokowi, Kaesang Pengerep. Kemudian ada Partai Demokrat, PKS, PKB, dan Perindo. Dengan total 10 kursi di DPRD Sulut, koalisi ini telah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Di sisi lain, Yulius Komaling yang diusung oleh Partai Gerindra masih perlu berkoalisi dengan partai lain. Gerindra, yang hanya memiliki 4 kursi, belum cukup untuk mengusung Yulius sebagai calon gubernur tanpa dukungan tambahan.

BACA JUGA : Jokowi Tunjuk Jan Maringka Dampingi Elly Lasut

Pertarungan antara Elly Lasut dan Jan Maringka yang didukung oleh koalisi partai besar versus Yulius Komaling yang didukung oleh Gerindra dan Prabowo ini akan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat Sulawesi Utara dan Indonesia secara umum.

Apakah dukungan dari Prabowo mampu mengguncang dominasi koalisi Jokowi di Sulut? Atau akankah koalisi besar yang dibentuk oleh Jokowi berhasil mengantarkan Elly Lasut dan Jan Maringka ke kursi kepemimpinan?

Satu hal yang pasti, Pilgub Sulut 2024 akan menjadi panggung pertarungan politik yang penuh strategi dan taktik, dengan pengaruh dua tokoh besar nasional yang akan menentukan arah masa depan Sulawesi Utara. Masyarakat Sulut kini menanti dengan antusias siapa yang akan menjadi pemimpin mereka selanjutnya dalam Pilgub paling seksi ini.

(Konni Balamba)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.