PKS Solo Dorong Pusat Dukung Anies Jadi Capres 2024

0
14
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo, mendorong Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024 ( foto : arsip pks )

TNews, POLITIK – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Solo, mendorong Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Dukungan terhadap Anies dinilai akan menguntungkan PKS karena sejalan dengan aspirasi kader dan sejumlah organisasi massa yang disampaikan kepada partai tersebut.

Ketua DPD PKS Kota Solo, Daryono mengatakan pihaknya telah menghimpun aspirasi dari akar rumput. Mereka sepakat mendorong agar PKS mengusung Anies sebagai capres di Pemilihan Umum 2024.

Ia mengklaim beberapa waktu terakhir dorongan dari akar rumput agar PKS mendukung Anies semakin menguat. Pengurus di tingkat bawah banyak ditanya mengenai capres yang akan didukung PKS di Pemilu 2024 nanti.

“Teman-teman yang ada di struktur di bawah, yang bersentuhan dengan konstituen ini sering ditanya, ini gimana capresnya? Kalau jawabannya ngambang terus kan kita juga pusing,” katanya saat jumpa pers di Kantor DPD PKS Solo, Kamis (29/9).

Oleh karena itu, DPD PKS Kota Solo akan menyampaikan dukungan untuk pencapresan Anies kepada DPP PKS. Daryono berharap DPP PKS bisa menggalang dukungan dari partai lain agar Anies bisa memenuhi syarat menjadi calon presiden.

“Nanti PR-nya DPP adalah bagaimana Pak Anies Baswedan memenuhi syarat pencapresan, yang berarti harus koalisi dengan partai lain,” katanya.

Menurut Daryono, dukungan dari kader dan simpatisan PKS terhadap Anies sangat beralasan. PKS Solo memandang Anies sukses menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ditambah lagi, PKS sejak awal memiliki kedekatan dengan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. Ia berharap hubungan baik tersebut bisa dilanjutkan hingga Pemilu 2024.

“Teman-teman PKS Jakarta terbukti bisa memenangkan pencalonan beliau di Pilkada Jakarta, sehingga kami berharap ini lanjut ke Pilpres 2024,” katanya.

Daryono menilai kebanyakan pendukung Anies juga akan mendukung PKS. Karena itu dukungan terhadap Anies diyakini akan membawa dampak positif terhadap PKS.

“Karena memang konstituen kami irisannya besar dengan konstituennya pak Anies,” katanya.

“Kepentingannya juga dengan eksistensi PKS di Kota Solo. Kita akan sangat mudah bergerak ke depan, kalau DPP mengakomodasi aspirasi kami,” katanya.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu sebelumnya bertemu dengan Anies Baswedan saat menghadiri Tasyakuran dan Launching Pesantren Tahfidz Subulussalam di Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/9).

Juru Bicara PKS Pipin Sopian mengklaim komunikasi antara Anies dan Syakhu makin intens satu sama lain. Ia juga berharap Anies dan Syaikhu saling ‘berjodoh’ ke depannya dalam hal kesamaan pandangan.

“Alhamdulillah. Komunikasi Mas Anies dan Presiden Syaikhu semakin intens untuk saling memahami satu sama lain. Ada chemistry. Siapa tahu Anies-Syaikhu jodoh,” kata kata Pipin dalam keterangannya dikutip Senin (26/9).

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera pun merespons positif hasil lembaga survei CSIS yang mencatat Anies Baswedan sebagai nama yang dominan di mata pemilih milenial dan gen Z.

Mardani mengaku bahwa, di internal PKS nama Anies Baswedan juga menjadi salah satu nama favorit untuk diusung partai menjadi Calon Presiden dan akan dibahas di Forum Majelis Syuro PKS.

Sementara Anies Baswedan pada beberapa kesempatan mengaku belum bisa bicara banyak soal Pilpres 2024. Dia mengaku masih ingin fokus menuntaskan pekerjaan sebagai gubernur di waktu yang tersisa.

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.