Tiga Pasang Calon di Pilkada Bolmong Mengerucut

Djm Berpeluang, Limi – Ichdar Jadi Penonton

0
719
Tiga Pasang Calon di Pilkada Bolmong Mengerucut
TOTABUANEWS, BOLMONG – Meski semua partai belum menetapkan calon mereka dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bolmong 2017 mendatang, namun tiga pasang calon sudah mengerucut. Diprediksi diantaranya diusung oleh koalisi PAN, Golkar, PKB dan PKS yakni Salihi Mokodongan – Aske Iroth atau Djelantik Mokodompit  (Djm) – Marthen Tangkere.
Hal ini diperkuat oleh pernyataan salah satu pengurus DPD II Partai Golkar Rafic Mokodongan. Menurutnya, partai Golkar saat ini sedang menjajaki koalisi dengan PAN, PKB dan PKS. “Kemungkinan Golkar koalisi dengan PAN. Bisa Iya, bisa tidak. Semua bisa terjadi,” ujar Mokodongan.
Kata Mokodongan, Golkar saat ini telah mempersiapkan beberapa kader untuk diusung. “Untuk papan satu ada Pak Djelantik dan Kadir Mangkat. Sedangkan untuk papan dua ada Aske Iroth dan Marthen Tangkere. Kita lihat saja siapa yang nantinya akan dipasangkan dengan figur yang akan diusung oleh partai koalisi,” kata Mokodongan.
Lanjut Mokodongan, jika memang dalam komunikasi politik dengan partai koalisi Golkar hanya mengusung papan dua, maka dua figur yakni Aske dan Marthen yang dipersiapkan, tergantung hasil survey dan keputusan DPP nanti. “Tapi tak menutup kemungkinan juga Golkar akan mengusung papan satu, intinya masih menunggu hasil survey,” tutup Mokodongan.
Terpisah ketua DPD Partai PAN Bolmong Musli Manoppo menjelaskan hingga saat ini PAN Bolmong masih mengusung incumbent Salihi Mokodongan. “Masih tetap Salihi B Mokodongan akan tetapi PAN saat ini masih menunggu siapa yang akan mendampingi incumbent dalam Pilkada nanti lewat survei dan penjaringan yang telah dilakukan,” pungkasnya.

Untuk koalisi pihaknya masih menunggu keputusan juga dari masing-masing partai sebab hubungan dengan partai-partai lain masih baik hingga saat ini. “Tinggal keputusan dengan siapa karena sampai saat ini komunikasi masih baik-baik, dan belum ada juga keputusan pasti,” ungkap Politisi handal Partai PAN ini.

Sedangkan pasangan ke dua yakni calon yang akan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Nama Yasti Mokoagow dan Yanny Tuuk menguat. Kedua figur ini bakal dipasangkan oleh PDIP. Beberpa pengurus partai mocong putih Bolmong menyebut-nyebut jika partai mereka sudah mulai mematangkan pasangan ini.
Untuk pasangan ke tiga adalah koalisi Partai Nasdem, Gerindra dan Demokrat. Komunikasi ketiga partai ini sudah terbangun untuk mengusung duet Sukron Mamonto-Jefri Tumelap.
Terkait hal itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Bolmong Jepry Tumelap mengatakan partai, hingga saat ini DPP masih melakukan analisa bagi Balon yang telah mendaftar. “DPP masih analisi calon yang mendaftar itu lewat hasil survei,” ujar Tumelap, Minggu (28/08/2016) kemarin.

Lanjutnya, untuk koalisi dengan partai lain dalam Pilkada nanti Demokrat Bolmong melakukan pematangan dan juga menunggu pertimbangan dari partai yang juga akan maju. “komunikasi hingga saat ini masih berjalan dengan baik, intinya itu tergantung juga internal dari partai yang ingin koalisi dengan demokrat, semua tergantung keputusan dan proses partai-partai yang akan maju,” pungkasnya.

Dengan begitu, jika terbukti nanti tiga pasang calon ini akan bertarung di Pilkada Bolmong 2017, mana beberpa figur lain yang saat ini berwacana bakal jadi penonton. Yakni Limi Mokodompit dan Ichdar Damogalad.
Konni Balamba

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.