Usulan Ganjar Jadi Capres Masih Sebatas Wacana, Bukan Kesimpulan KIB

0
18
Ganjar Pranowo (Foto: Jawapos)

TNews, POLITIK –  DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) mengusulkan Ganjar Pranowo maju sebagai bakal calon presiden (Bacapres) di Pilpres 2024 lewat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan.

Menurut Pengamat Politik Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, usulan tersebut masih sebatas wacana.

“Usulan dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Jawa Tengah dalam mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Pilpres) pada Pemilu Serentak 2024 baru sebatas wacana,” kata Karyono, Senin (5/12).

Meski masih sebatas wacana, Karyono menyebut suara PAN di tingkat daerah lebih cenderung ke Ganjar. Maka tidak menutup kemungkinan Ganjar akan dapatkan tiket Capres dari KIB melalui PAN.

“Namun demikian, dukungan tersebut semakin memperkuat sinyal bahwa PAN memiliki kecenderungan akan mengusung Ganjar. Hal itu diperkuat oleh pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menyebut bahwa rata-rata pengurus PAN di daerah suaranya sama ingin mengusung Ganjar Pranowo pada pemilu presiden 2024,” kata Karyono.

Apalagi, lanjut Karyono, kader PPP juga mengikuti PAN dalam mengusung Ganjar di sebagai capres di pemilu 2024.

Melihat hal tersebut, Karyono menyebut KIB sejauh ini belum menyimpulkan untuk mendukung Ganjar. Sebab, masih ada Partai Golkar yang masih setia mendukung kader partainya menjadi capres yakni Ketua Umum Airlangga Hartarto.

“Meskipun demikian, dukungan dari sejumlah pengurus PAN dan PPP belum bisa diambil kesimpulan bahwa KIB sudah bulat akan mengusung Ganjar,” tegas Karyono.

Sumber: rmoljakarta.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.