Yasti Lebih Berpeluang Dibanding Salihi

0
524
Yasti Lebih Berpeluang Dibanding Salihi
Yasti Mokoagow - Salihi Mokodongan

TOTABUANEWS, BOLMONG  – Koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Amanat Nasional (PAN) hingga kini belum memutuskan siapa Bakal calon Bupati Bolmong yang akan dipasangkan dengan Ketua DPC PDIP Yanni Tuuk di Pilkada Bolmong 2017.
Pasalnya, tarik menarik dua pimpinan Olly Dondokambey (Ketua DPD PDIP Sulut) dan Sehan Landjar (Ketua DPW PAN Sulut) belum menemukan kesepakatan, apakah Yasti Mokoagow atau Salihi Mokodongan.
Akan tetapi dari amatan, Yasti Mokoagow lah yang lebih berpeluang dibanding Salihi Mokodongan. Hal ini diperkuat, karena Yasti merupakan figur dan kader PAN yang disukai masyarakat Bolmong. Dua kali terpilih sebagai anggota DPR RI, bukti Yasti disukai oleh rakyat Bolmong.
Selama di DPR RI dan duduk sebegai ketua komisi V, banyak yang telah Yasti perbuat untuk pembangunan di Bolmong. Termasuk telah memperjuangkan anggaran pembangunan berbagai infrastruktur yang ada di kabupaten tertua di Bolmong Raya ini.
Selain itu, komunikasi politik Yasti dengan partai lain sangatlah baik, salah satunya adalah PDI-P. Bahkan, beberapa kali Yasti ikut turut andil membantu pemenangan calon yang diusung oleh PDIP di beberapa Pilkada di wilayah Sulut. Hal itu juga, membuat ketua DPD PDI-P Olly Dondokambey simpatik terhadap sosok Yasti Mokoagow.
Tak heran, pada perhelatan Pilkada Bolmong 2017, Yasti masuk dalam daftar bakal calon yang dilirik PDI-P.
Dipartainya pun, Yasti merupakan kader yang mempunyai andil besar dalam membesarkan PAN di Sulut. Itulah yang menjadi pertimbangan kenapa Yasti sangat berpeluang diusung oleh koalisi PAN dan PDI-P.
Sedangkan Salihi, meski adalah Bupati Incumbent dengan memiliki survey tertinggi, namun menurut bocoran sumber, PDIP-PAN tidak mau ambil resiko. Kedua partai besar ini ragu memaksakan Salihi untuk diusung. Sebab, mantan ketua DPD PAN Bolmong ini tersandung dugaan kasus dana audiens yang saat ini sudah masuk di Polda Sulut.
Terkait dengan siapa yang nantinya papan satu yang akan diusung PAN – PDIP, salah satu pimpinan PDIP di Bolmong Raya yakni ketua DPC PDIP Kotamobagu Meydi Makalalag mengatakan, hingga saat ini belum ada putusan.
“Sesuai informasi dari DPD, putusannya nanti sesudah Idul Adha,” ujar Makalalag.
Terpisah, Ketua DPD PAN Bolmong Musli Manoppo kepada Media Totabuan tadi malam optimis kalau koalisi PAN – PDIP akan mengusung Salihi sebagai calon Bupati. “Sejauh ini kami (PAN) yakin kalau Salihi yang akan diusung,” tegas Musli.
Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.