Mengenal Sosok Jan Maringka, Ditunjuk Jokowi Dampingi Elly Lasut.

0
214
Jan Maringka saat bertemu Presiden Joko Widodo.

TNews, SOSOK – Jan Samuel Maringka, seorang jaksa penuntut terkemuka Indonesia, telah lama dikenal dengan integritas dan dedikasinya dalam menegakkan hukum. Maringka, yang menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian dari 2022 hingga 2023, kini bersiap untuk merambah dunia politik dengan ambisi besar.

Lahir di Jakarta pada 11 Oktober 1963 dari pasangan Henry E. Maringka dan Johana Mahieu, Jan mengenyam pendidikan menengah di SMA 43 Jakarta sebelum melanjutkan studi hukum di Universitas Krisnadwipayana, lulus pada tahun 1988.

BACA JUGA : Jokowi Tunjuk Jan Maringka Dampingi Elly Lasut

Semasa kuliah, ia aktif dalam Resimen Mahasiswa Krisnadwipayana. Tak berhenti di situ, ia memperoleh gelar Magister dari Fakultas Hukum IBM pada tahun 2003 dan gelar Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Hasanuddin pada tahun 2015, dengan disertasi yang berfokus pada penguatan ekstradisi dalam sistem peradilan pidana internasional.

Karir Maringka di kejaksaan dimulai sebagai jaksa di Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. Berbagai penugasan penting kemudian mengantarkannya ke posisi strategis, seperti Jaksa Wilayah Tarakan di Kalimantan Timur pada 2003, dan sebagai atase hukum di Konsulat Jenderal di Hong Kong pada 2005. Di Hong Kong, ia memimpin Persatuan WNI Kristen, menunjukkan kepeduliannya terhadap komunitas Indonesia di luar negeri.

Jan Samuel Maringka

Sekembalinya ke Indonesia, Maringka mengepalai bagian kerja sama internasional di Kejaksaan Agung, sebelum akhirnya menjabat sebagai Jaksa Wilayah Serang, Banten, pada 2010. Di sini, ia terkenal karena perannya dalam menyelesaikan konflik antara santri Islam Sunni dan pengikut Ahmadiyah di Cileusik, serta mengawasi penangkapan beberapa pejabat terkemuka Banten atas tuduhan korupsi.

Meniti karir lebih lanjut, Maringka diangkat sebagai Jaksa Agung Maluku (2015-2017), Jaksa Agung Sulawesi Selatan (2017), dan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (2017-2020). Setelah pensiun dari birokrasi, Maringka terjun ke dunia politik sebagai penasehat organisasi pendukung Joko Widodo, sebelum mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri pada pemilu legislatif 2024 dan pemilu gubernur Sulawesi Utara 2024.

Namun, perjalanan politiknya tidak mulus. Pada Oktober 2023, ia mundur dari pemilu legislatif karena statusnya sebagai PNS yang masih aktif. Penarikannya yang terlambat menyebabkan namanya tetap tercetak di surat suara, sehingga ia menjadi satu-satunya kandidat di daerah pemilihannya yang tidak memperoleh suara.

Tidak patah semangat, Maringka mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Sulawesi Utara dari Partai Gerindra pada Maret 2024. Dengan pengalaman dan rekam jejak yang kuat di bidang hukum, ia membawa harapan baru bagi masyarakat Sulawesi Utara untuk mendapatkan pemimpin yang tegas dan berintegritas. Kabar terbaru, Jan ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk mendampingi Elly Lasut di Pilgub Sulut 2024.

Jan Samuel Maringka adalah contoh nyata seorang birokrat yang berdedikasi, dengan perjalanan karir yang penuh prestasi dan komitmen kuat untuk melayani publik. Saat ini, diirnya siap mendampingi Elly Lasut untuk mengabdikan diri melalui jalur politik, membawa semangat perubahan dan penegakan hukum yang telah menjadi prinsip hidupnya.

(Konni Balamba)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.