Keistimewaan Malam Lailatul Qadar dan Kisah Turunnya Al Quran

0
50

TNews, RELIGI – Lailatul Qadar memiliki keistimewaan yakni pahala melimpah, dosa diampuni, doa dikabulkan, hadir ketenteraman, dan lahir kemuliaan. Karena itu penting memburu malam Lailatul Qadar.

Menurut Ustaz Adi Hidayat dalam serial kultum di YouTube Channelnya yang bertajuk ‘ Memburu Malam Al Qadr’, mMemburu waktu malam lailatul qadar, bersumber dari keterangan Allah SWT lewat firmannya. Seperti apa isyarat turunnya malam Lailatul Qadar itu?

Malam Lailatul Qadar dikaitkan erat dengan malam turunnya Al Quran. Ketika Al Quran diturunkan bersamaan dengan malam Al Qadar.

Redaksi turunnya Al Quran diungkapkan dengan narasi dua diksi:

1. Anzala

Dalam rumus bahasa Arab secara cepat, anzala menunjukkan peristiwa yang sekaligus, keseluruhan.

 2. Nazzala

Menunjuk proses yang bertahap.

Para ulama sepakat, Al Quran yang diturunkan secara berproses itu, itulah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Sejak mulai periode Iqra berlangsung di Gua Hira itu, pada hari Senin tanggal 21 Ramadhan, diawali dengan usia beliau 40 tahun, 6 bulan, 12 hari dalam hitungan hijriah.

Dalam perhitungan kalender masehi, usia Nabi 39 tahun 3 bulan, 20 hari. Jadi kalau ada referensi sejarah menyebutkan Beliau menerima wahyu dalam usia 40 tahun, ini merujuk pada kalender hijriah.

Dalam hadits HR Muslim, 2263, Nabi SAW melalui pendahuluan dalam proses penerimaan wahyu pertama melalui mimpi yang benar dan dibimbing oleh Allah SWT. Bahkan itu berupa dari tanda kenabian. Mimpi yang benar itu, bagi para nabi merupakan 46 tanda kenabian.

“Nabi Yusuf mengalami mimpi. Nabi Ismail pernah bermimpi menyembelih putranya Ismail, bermula dari mimpi. Nabi Muhammad pemimpin para Rasul, mengalami itu pula,” kata Ustaz Adi Hidayat.

QS Ali Imran ayat 3 menyebutkan, Allah turunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad secara berproses, bertahap, dengan cara yang benar. QS Al Furqan ayat 32 disebutkan, hal demikian supaya kami memantabkan ayat yang diturunkan itu, menghujam pada jiwamu.

Narasi kedua, yakni nazzala, dalam surat Al Baqarah ayat 185 dan QS Al Anfal ayat 41, Al Quran diturunkan sekaligus dari Lauful Mahfudz ke Baitul Izzah tanggal 17 bulan Ramadhan di hari Jumat. Sebelum diturunkan kepada Nabi Muhammad disampaikan dulu kepada seluruh penghuni langit sekaligus menunjukkan status tingginya Rasulullah SAW.

Lalu apakah turunnya Lailatul Qadar tanggal 17 Ramadhan? Menurut Ustaz Adi Hidayat jawabannya kita harus merujuk pada penafsir terbaik antara lain pada hadits.

  1. HR Muslim nomor 169 menyebut, dari Sayyidah Aisyah Radiyallahu Ta’ala Anha: ‘Berburulah kalian, malam Al Qadar itu di 10 hari terakhir.”
  2. HR Bukhari nomor 2017 dari Sayyidah Aisyah: cari di malam-malam ganjil 21,23, 25, 27, dan 29.
  3. HR Muslim nomor 1165: cari di tujuh yang terakhir yang ganjil: malam 29.

Ustaz Adi Hidayat menyebutkan, kalau dikompromikan, fase pertama kali dari turunnya Al Quran dari Lauful Mahfudz ke Baitul Izzah pada 17 Ramadhan. Namun atas kehendak Allah SWT, bisa di tahun-tahun berikutnya.

“Peristiwa pertama ini (malam lailatul Qadar) bisa Allah gantikan, bisa dipertukarkan, bisa di malam 21, 23, 25. Bahkan dalam riwayat nabi SAW, pernah aku ditunjukkan waktunya, diberi tandanya, namun ketika terbangun dibuat lupa tanggalnya, hanya diberi tanda-tandanya saja,” terang ustaz yang mengenyam pendidikan di Internasional Islamic Call College Triopoli Libya ini.

Ustaz Adi Hidayat lalu memberikan kesimpulan. Berburu malam Lailatul Qadar dengan mencontoh Nabi Muhammad yakni pada 10 malam terakhir Ramadhan. Dari ba’da Isya sampai menjelang fajar.

“Berburu paling cepat mencontoh Nabi, apa yang dikerjakan Nabi (pada 10 malam terakhir Ramadhan). Setiap malamnya dihidupkan, kapan waktunya dari ba’da Isya sampai menjelang fajar. Bangun walaupun cuma 15 menit pasang alarm. Silakan ada yang jam 2, ada yang jam 3, ada yang ba’da isya. Kalau tidak bisa ambil keseluruhan malam, ambil sebagian,” tutup Ustaz Adi Hidayat.

 

Sumber: Detik.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.