Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Jumat

0
192

TNews, JAKARTA – KH Nasaruddin Umar mengatakan Masjid Istiqlal tidak menggelar salat Jumat untuk dua pekan ini guna mencegah penyebaran Corona. Imam Besar Masjid Istiqlal itu mengatakan dalil MUI dalam mengeluarkan fatwa sudah sangat tepat.

“Saya ingin menyampaikan hari ini adalah hari Jumat sayyidul ayyam, hari yang mulia bagi umat Islam, dianjurkan banyak ibadah hari ini. Namun begitu, sehubungan dengan keadaan darurat yang mencemaskan ini, agama menganjurkan kita untuk melakukan ikhtiar-ikhtiar, setiap kali kita bicara tentang takdir, setiap kali itu juga harus bicara ikhtiar, tak boleh hanya bicara tentang takdir tanpa bicara ikhtiar,” kata Nasaruddin dalam konferensi pers yang disiarkan live via YouTube BNPB, Jumat (20/3/2020).

Dia mengaku sudah menganalisa mendalam dalil-dalil yang digunakan dalam fatwa MUI tentang salat Jumat di tengah wabah Corona ini. Dia menegaskan dalilnya sudah tepat.

“Apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai umat dalam era sekarang ini, saya kira fatwa MUI sudah sangat dikenal untuk kita semua. Saya secara pribadi maupun sebagai imam besar Istiqlal sudah menganalisis secara dalam dasar-dasar dalil MUI pusat itu adalah sudah sangat tepat,” ujarnya.

Karenanya, lanjutnya, bagi umat beragama tak ada cara lain yang harus dilakukan selain mengikuti ulama dan umara (pemerintah). Sebab, katanya, tidak mungkin kedua institusi itu akan memberikan fatwa yang tidak sejalan dengan kenyataan yang ada.

“Pada hari ini terutama usai ada imbauan dari Presiden diperkuat lagi imbauan dari Gubernur (DKI) ditambah lagi usai kami komunikasi dengan imam-imam besar di sejumlah negara Islam yang terapkan hal sama, maka barulah kami tetapkan bahwa hari ini untuk dua Jumat akan datang Istiqlal itu kita tidak menggunakannya untuk salat Jumat,” ujarnya.

Dia menuturkan ada alasan subjektif dan objektif hingga pihaknya menutup Istiqlal untuk tidak digunakan salat Jumat. “Objektifnya yakni seperti tadi ada imbauan MUI dari fatwanya saya harap tokoh-tokoh umat Islam betul-betul membaca, kedua imbauan presiden dan gubernur,” tuturnya.

 

Sumber: Detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.