Begini Kelanjutan 44 HP yang Akan Diblokir Whatsapp

0
468

TNews, SAINS TEKNO – Terhitung 1 November 2021, 44 handphone (HP) bakal diblokir WhatsApp. Pemblokiran ini lantaran sistem operasi yang digunakan 44 HP tersebut sudah jadul. Lantas bagaimana prosesnya, apakah WhatsApp akan langsung tidak bisa dipakai di 44 HP tersebut?

Ternyata, WhatsApp di HP yang sudah tidak didukung pembaruan tidak langsung berhenti berfungsi. “Meskipun WhatsApp tidak lagi mendukung daftar HP tersebut, bukan berarti aplikasi itu langsung berhenti bekerja,” sebut CTPost yang dikutip detikINET, Senin (30/8/2021).

“Sebenarnya, masalah terbesar perangkat yang tidak didukung WhatsApp adalah tidak bisa mengakses update keamanan. Ini membuat perangkat itu incaran hacker yang dapat mengeksploitasinya untuk mengambil data user,” papar mereka.

Namun meski masih dapat bekerja, bisa jadi waktunya tidak lama. Beberapa fungsi dari aplikasi mungkin juga tidak dapat diakses. Itu sebabnya WhatsApp meminta pengguna yang terdampak agar segera ganti perangkat.

Tidak menutup kemungkinan pula aplikasinya sulit bekerja. Untuk itu, ada baiknya menyimpan chat sebelum 1 November. “Silakan berganti ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat chat Anda sebelum tanggal tersebut,” sebut WhatsApp.

Caranya dengan buka WhatsApp > ketuk Opsi lainnya yaitu tiga titik di kanan atas > Setelan > Chat > Cadangan chat > Cadangkan. Chat yang sudah disimpan bisa diakses di perangkat baru.

“WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.4 dan yang lebih lama pada 1 November 2021. Silakan beralih ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat obrolan Anda sebelum tanggal tersebut,” tulis WhatsApp pada halaman FAQ Android.

Sebagian ponsel yang terdampak masih cukup banyak dipakai saat ini. Sebut saja iPhone SE, iPhone 6 dan iPhone 6S Plus. Di Android, ada misalnya Galaxy S3 Mini, Galaxy XCover 2 dan lainnya. Daftar lengkapnya ada di sini.

Jika pengguna ponsel yang terdampak mengganti ponselnya ke versi yang lebih baru, mereka tetap dapat memakai akun WhatsApp lama dengan nomor yang sama. Seandainya karena satu alasan dan lainnya belum dapat berganti baru, bisa memakai layanan alternatif seperti Signal atau Telegram demi keamanan.

Sumber : detikINET.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.