‘Bocor’, Facebook Tutup Fitur Pesan Tahun Baru

0
184

facebookmidnightmessage620x350Totabuanews.com, San Francisco – Karena bermasalah, fitur New Year’s Eve messaging di Facebook pun sempat ditutup. Aplikasi untuk mengirim ucapan selamat Tahun Baru ini diketahui ‘bocor’, sehingga pesan yang seharusnya private bisa dibaca pengguna lain.

Dilansir Guardian, Selasa (1/1/2013), Facebook segera menonaktifkan fitur tersebut sementara waktu, setelah Jack Jenkins, seorang mahasiswa Aberystwyth University, Inggris, melaporkan celah berbahaya ini.

Selain melaporkan ke Facebook, Jenkins juga menuliskannya di blog pribadinya. Dia mengaku terkejut saat tahu bahwa dirinya bisa melihat pesan dan foto private milik orang lain yang dikirimkan seseorang ke pengguna Facebook lain.

“Saya hanya ingin berbagi soal ini. Bagaimana mungkin situs sekelas Facebook bisa tetap mengambil risiko seperti ini,” tulisnya.

Jenkins mengatakan, dirinya menemukan celah ini secara tidak sengaja saat iseng mengutak-atik URL halaman konfirmasi pada aplikasi Facebook tersebut. “Mengejutkan, padahal ini celah keamanan yang sederhana,” tambahnya.

Semula, Facebook merilis aplikasi ini untuk memfasilitasi pengguna agar bisa mengucapkan selamat Tahun Baru tepat pukul 00.00. Tak lama setelah celah ditemukan, Facebook langsung memperbaikinya untuk segera mengaktifkan kembali fitur tersebut. (detik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.