Gamer India Lega, PUBG Mobile Tak Jadi Dilarang di India

0
1859

TNews, SAINS TEKNO – Masyarakat India langsung heboh begitu pemerintahnya mengumumkan larangan untuk 59 aplikasi asal China. Tapi ada satu nama populer yang tidak ikut terseret pencekalan ini yaitu PUBG Mobile.

PUBG Mobile merupakan game besutan Tencent, perusahaan konglomerat asal China. Begitu tahu bahwa game favorit mereka tidak kena pencekalan, gamer India langsung bernapas lega.

Dikutip detikINET dari South China Morning Post, Rabu (1/7/2020) pemain PUBG Mobile di India langsung memperlihatkan perasaan leganya di media sosial. Mereka membanjiri Twitter dengan meme, bahkan membuat tagar #PUBGBan menjadi trending topic di India.

Tidak diketahui apa yang membuat PUBG Mobile tidak masuk dalam daftar aplikasi yang dicekal. Bukan karena PUBG Mobile adalah game, mengingat game populer Clash of Kings juga ikut dicekal.

Aplikasi buatan Tencent lainnya juga tidak seberuntung PUBG Mobile. Seperti WeChat yang bernasib sama seperti TikTok dkk dan masuk dalam daftar pencekalan.

Sejumlah media India memperkirakan PUBG Mobile bisa lolos dari pencekalan karena game ini dikembangkan berdasarkan game PC PlayerUnknown’s Battlegrounds buatan Bluehole yang berasal dari Korea Selatan.

Sedangkan PUBG Mobile dikembangkan oleh Tencent yang mendapatkan lisensi untuk membuat versi mobile dari game tersebut.

Popularitas PUBG Mobile di India memang tidak diragukan lagi. Berdasarkan data Sensor Tower, game battle royale ini merupakan game paling laris di Apple App Store di India dan game paling laris kedua di Google Play Store.

Popularitas ini juga pernah membawa masalah bagi PUBG Mobile di India. Tahun lalu, empat kota di negara bagian Gujarati sempat memblokir PUBG Mobile secara sementara karena dianggap mendorong anak-anak berperilaku keras dan tidak fokus di sekolah.

Bahkan 21 orang sempat ditahan karena memainkan game tersebut. Tapi pencekalan ini kemudian ditarik setelah protes di media sosial.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.