Gamers, Ini 9 Jurusan yang Cocok Buat Kamu!

0
167

TNews, PENDIDIKAN – Apakah kamu suka dan memiliki minat dengan dunia game? Ternyata ada jurusan kuliah tertentu yang memiliki peluang karier di industri game, lo.

Seperti yang diketahui, dunia game saat ini tidak hanya sebatas permainan di gadget saja namun sudah berkembang lebih besar. Bahkan game sudah masuk dalam lembaga resmi olahraga elektronik atau e-sport.

Berbagai peluang juga terbuka seperti karier menjadi atlet game profesional yang digaji hingga karier menjadi pengembang sebuah game di dalam perusahaan.

Dikutip dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), ada beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang karier di industri game. Berikut daftarnya.

9 Jurusan Kuliah dengan Peluang Karier di Industri Game:

1. Desain Produk
Jurusan ini akan mempelajari hal untuk merumuskan dan mendesain suatu produk yang tentunya harus memperhatikan standar tertentu.

Biasanya lulusan desain banyak dicari game developer sebagai game tester atau menganalisis produk baru mereka. Dengan merekrut lulusan desain mereka mengharap dapat mengetahui mana kekurangan suatu game sehingga bisa diterima di masyarakat.

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)
DKV merupakan jurusan yang mengekspor kemampuan kalian dalam menggambarkan suatu hal dalam bentuk nyata.

Selain itu mahasiswa juga akan diajarkan beberapa ilmu lainnya seperti fotografi, animasi, tipografi dan banyak lainnya. Kemampuan lulusan DKV dalam menginterpretasikan suatu hal akan sangat membantu sebuah pengembang game.

3. Teknik Elektro
Jurusan teknik elektro sangat cocok bagi kalian yang berminat terhadap bidang elektronik. Jurusan ini bisa berhubungan dengan game karena setiap perusahaan game akan menggunakan perangkat keras atau hardware.

Lulusan Teknik Elektro bisa sebagai console tester, design, dan quality control produk terbaru pada suatu perusahaan.

4. Teknik Industri
Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit lulusan SMA di bidang teknik. Saat kuliah, mahasiswa akan memberikan pelajaran mengenai suatu sistem, proses dan organisasi dapat berjalan baik atau tidak dalam suatu industri.

Para developer game biasanya akan mempekerjakan beberapa lulusan teknik industri agar dapat menganalisis kondisi dari industri game, dalam jangka waktu tertentu dan bertahap, supaya mendapatkan dampak baik bagi perusahaan.

5. Teknik Informatika
Tidak banyak yang tahu bahwa lulusan teknik informatika dapat menjadi game tester yang unggul, karena mereka mempunyai pemahaman mengenai jalannya suatu program.

Dalam jurusan ini, mahasiswa harus memiliki pemahaman yang baik mengenai program. Hal ini yang menjadi faktor untuk mengasah kemampuan agar dapat membuat game dan mencoba suatu game.

6. Ilmu Komputer
Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari pemrograman ditambah dengan sains dan ilmu matematika.

Lulusan ilmu komputer memiliki keunggulan dalam mengolah data dalam pemrograman. Dengan keahlian itu, lulusan ini akan banyak dicari oleh industri game development sebagai data scientist yang bertugas mengolah data dari game yang dirilis.

7. Teknologi Informasi/ Sistem Informasi
Kedua jurusan tersebut sama-sama mempelajari pemrograman tetapi dengan tingkat penekanan yang berbeda.

Lulusan kedua jurusan ini biasanya banyak dicari oleh game developer, sebagai penganalisa game yang dibuat. Selain itu, juga cocok sebagai game tester, dengan kemampuan menganalisa suatu pemrograman yang dapat mengetahui letak kekurangan pada game tersebut.

8. Software Engineering
Dengan kemampuan yang mendalam mengenai perangkat lunak, lulusan jurusan ini dibutuhkan untuk mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis web atau mobile, termasuk di industri game.

9. Ilmu Komunikasi
Dalam jurusan ini mahasiswa akan di ajarkan ilmu jurnalistik, strategi komunikasi, manajemen keadaan dan masih banyak lainnya. Keahlian tersebut sangat dibutuhkan dalam industri game dalam peluncuran, rilis media, atau penulisan jalan cerita ketika merilis game.

Nah, itulah 9 jurusan kuliah yang cocok buat kamu yang menyukai dunia game. Apakah ada incaran detikers?

Sumber : detikINET.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.