Penerus Generasi Sebelumnya, Poco M4 Pro: Harga Terjangkau, Spesifikasi Gahar

0
371

TNews, SAINS TEKNO – Poco mengawali tahun 2022 dengan memperkenalkan HP baru di kelas mid-range. Diberi julukan Poco M4 Pro, perangkat ini hadir dengan berbagai peningkatan fitur dan performa dari pendahulunya.

Menjagokan layar Super AMOLED FHD+ dan dibekali chipset MediaTek Helio G96, Poco pede M4 Pro dapat melanjutkan kesuksesan Poco M3.

Review unit Poco M4 Pro varian RAM 6GB dengan memori internal 128GB, seperti apa performanya? Berikut review singkatnya.

Paket Penjualan

Pada paket penjualan konsumen akan mendapatkan satu unit Poco M4 Pro, casing tambahan, kabel USB Type C, kepala charger 33 Watt, screen protektor yang sudah terpasang di layar, SIM ejector, serta kartu garansi dari Poco

Desain


Poco M4 Pro hadir dengan tiga pilihan warna yakni Cool Blue, Power Black, dan Poco Yellow. Unit yang detikINET review berwarna Power Black.

Poco M4 Pro memilki dimensi 159.87mm x 73.87mm x 8.09 mm. Body M4 Pro menggunakan bahan polycarbonat dengan bobot hp hanya 179.5g sangat ringan untuk smartphone dengan baterai 5.000mAh

Salah satu aspek yang menarik dari Poco M4 Pro adalah desain tiga kamera belakang yang dibalut frame besar berbentuk kotak dengan tulisan Poco disampingnya. Sisi depan terdapat kamera selfie 16MP berbentuk punch hole di tengah atas layar.

Pada sisi atas terdapat jack audio 3.5mm, speaker dan IR Blaster yang bisa digunakan sebagai remote. Sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power yang berfungsi juga sebagai sensor fingerprint.

Sisi bawah terdapat speaker, port USB Type-C dan microphone. Untuk sisi kiri hanya ada slot SIM card yang mendukung penggunaan 2 kartu sim dan satu slot Micro SD.

Layar dan Antarmuka

Poco M4 Pro menggunakan layar Super AMOLED Dot Display 2400 x 1080 pixel Full HD+ yang dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 3.

Layar super AMOLED nya mendukung refresh rate 90Hz dengan touch sampling 180Hz, sehingga layarnya lebih responsif saat digunakan untuk bermain game maupun aktivitas scrolling di social media

Poco M4 Pro juga mendukung DCI-P3 wide color gamut dengan tingkat kecerahan hingga 1000 nits, sehingga nyaman dilihat dalam situasi apapun termasuk dalam kondisi minim cahaya.

Beralih ke software dan antarmuka, Poco M4 Pro menjalankan android 11 yang berbalut MIUI 13. Tak perlu diragukan lagi MIUI merupakan salah satu UI android yang mama memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya.

Melakukan kegiatan yang multitasking di MIUI berjalan sangat mules ditambah opsi personalisasi yang lebih beragam di MIUI 13 yang belum lama dirilis.

Performa dan Baterai

Poco M4 Pro mengusung chipset MediaTek Helio G96 yang punya delapan core, terdiri dari dua core Cortex-A76 2,05GHz dan enam core Cortex-A55 2GHz.

Poco M4 Pro hadir dengan dua pilihan RAM 6GB/8GB dan memori internal 128GB/256GB. Jika memori internal dirasa kurang, Poco M4 Pro menyediakan slot microSD hingga 1TB.

Poco juga menghadirkan fitur Expandable RAM pada M4 Pro sehingga proses multitasking dan bermain game dapat dilakukan dengan lancar.

Konektivitas pun juga semakin optimal dengan kehadiran Wi-Fi 802.11, sensor Bluetooth 5.0, IR Blaster, serta NFC. M4 pro juga telas mendapatkan sertifikat IP53 yang artinya hp ini tahan cipratan air dan debu.

Game PUBG Mobile dapat dimainkan di settingan smooth-ultra dengan 40 fps. Mobile Legend dapat dimainkan di setting high-ultra, sedangkan Genshin Impact dimainkan di settingan lowest 60fps.

Pengujian CPU Throttling Test yang dilakukan selama 15 menit menunjukkan kestabilan CPU nya diangka 70%.

Baterai

Poco M4 Pro dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Daya tahan baterai ini cukup untuk kegiatan sehari-hari dan bermain game.

Bermain PUBG Mobile 60 menit = 20% konsumsi baterai
Mobile legends 60 menit = 19% konsumsi baterai
Genshin Impact 60 menit = 24% konsumsi baterai

Charger 33W yang disertakan di paket penjualannya juga bisa mengisi baterai dengan cepat. Dari 0% hingga terisi penuh membutuhkan waktu 62 menit.

Pengisian baterai yang cepat pada Poco M4 Pro dikarenakan penerapan teknologi MMT (middle-middle tab), dimana proses pengisian daya dimulai dari tengah modul baterai sehingga distribusi daya akan tersebar merata hingga bagian atas dan bawah.

Kamera

Poco M4 Pro dilengkapi tiga kamera belakang terdiri dari kamera utama 64MP, 8MP kamera ultra wide, dan 2MP kamera makro. Bagi penggemar selfie atau hendak melakukan vlog, POCO M4 Pro juga memiliki kamera depan 16MP.

Poco M4 Pro memiliki beberapa mode kamera dan video, seperti Pro, Potret, Night Mode, 64MP Mode, Panorama, Dokumen, time-lapse video hingga slow motion video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.