Segera Dihapus, Berikut 19 Aplikasi Android Berbahaya Kembali Ditemukan

1
2851

TNews, SAINS TEKNO – Hampir setiap bulan selalu ada laporan dari perusahaan keamanan siber yang mengumumkan daftar aplikasi Android yang bermasalah. Kali ini White Ops menemukan 19 aplikasi yang terlihat normal tapi menyimpan malware di dalamnya.

Dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (27/7/2020) ke-19 aplikasi ini diketahui membombardir ponsel pengguna dengan iklan yang yang mengganggu dan mengarahkan pengguna situs yang tidak jelas asal usulnya. Yang membahayakan, aplikasi-aplikasi ini secara total sudah diunduh lebih dari 3,5 juta kali.

Selain itu, aplikasi jahat ini juga mengelabui pengguna hingga percaya bahwa aplikasi ini tidak bisa digunakan atau diinstal secara benar, yang kemudian akan mendorong pengguna untuk menghapusnya dari ponsel.

Tapi, pengembang aplikasi jahat ini merancang aplikasinya agar sulit untuk dihapus dari ponsel. Begitu diinstal, ikon aplikasi akan langsung menghilang untuk menyulitkan pengguna yang ingin menghapusnya.

Laporan dari White Ops tidak menyebutkan apakah malware yang dikandung aplikasi-aplikasi ini menyerang informasi pribadi atau keuangan milik pengguna.

Dari laporan tersebut, dapat dilihat beberapa kesamaan dari aplikasi-aplikasi ini yaitu sebagian besar menggunakan nama ‘blur’ di package-nya dan menawarkan pengguna cara menambahkan efek blur ke foto.

Selain itu, pengembang aplikasi ini juga memiliki nama yang aneh karena menggunakan nama orang seperti ‘Thomas Mary’, ‘Myers Jason’, ‘Kirk Brian’ dan lain-lain, bukannya nama perusahaan. Jadi berhati-hati jika menemukan aplikasi dengan nama pengembang yang aneh seperti ini.

Sebelum dihapus dari Play Store, ke-19 aplikasi ini juga memiliki banyak rating bintang satu dari pengguna yang mengeluhkan banyaknya iklan. Rating bintang limanya memang terbilang banyak, tapi rating ini diduga palsu.

Untungnya, Google sudah menghapus ke-19 aplikasi jahat ini dari Play Store. Tapi jika kalian memiliki 19 aplikasi ini di ponsel, segera hapus agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan karena Google Play Protect tidak bisa melindungi kalian lagi setelah aplikasi diunduh.

Berikut daftar 19 aplikasi yang ditemukan White Ops mengandung malware yang berpotensi berbahaya:

– Auto Picture Cut

– Color Call Flash

– Square Photo Blur

– Square Blur Photo

– Magic Call Flash

– Easy Blur

– Image Blur

– Auto Photo Blur

– Photo Blur

– Photo Blur Master

– Super Call Screen

– Square Blur Master

– Square Blur

– Smart Blur Photo

– Smart Photo Blur

– Super Call Flash

– Smart Call Flash

– Blur Photo Editor

– Blur Image

Ada juga 10 aplikasi lainnya yang namanya tidak berhasil diidentifikasi oleh White Ops tapi bisa dilihat dari nama package-nya yaitu:

– com.joan.super.photo.blur.tool

– com.jones.square.photo.blur.image

– com.mandi.super.photo.blur.tool

– com.michael.super.photo.blur.tool

– com.smart.call.screen.tools

– test.com.flash.call.flashcall.cool

– com.aab.photo.blur.editor.background-

– com.angel.photo.blur.background

– com.auto.image.editor.background.eraser.tool

– com.auto.photo.editor.background.eraser.tool

Sumber : Detik.com

1 KOMENTAR

  1. Semua APLIKASI yg lu katakan tidak mengandung Malware dan tidak dihapus dari play store,
    Dan rattingnya sesuai dengan komentar orang – orang
    Tolong, Jangan sebar berita HOAX seperti ini
    Karena bisa merugikan doveloper dari apk tersebut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.