Windows 7 Akan Berakhir, Ini Cara Update Ke Windows 10

0
3465

TNews, JAKARTA – Usia Windows 7 tinggal menghitung jam. Microsoft akan menghentikan dukungan untuk sistem operasi ini pada 14 Januari 2020 mendatang.

Walau usianya sudah lebih dari 10 tahun, popularitas Windows 7 belum surut. Data dari Net Applications mengungkap bahwa market share Windows 7 dari seluruh pengguna Windows masih 30,8%.Dihentikannya dukungan untuk Windows 7 bukan berarti sistem operasi ini tidak bisa lagi dipakai. Tapi tidak adanya dukungan akan membuat perangkat lebih rentan terhadap serangan keamanan.

Jika ingin terus mendapatkan dukungan terbaru dari Microsoft, disarankan untuk meng-upgrade perangkat kalian ke Windows 10. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena kalian bisa melakukan upgrade dengan gratis tanpa dipungut biaya.

Walaupun Microsoft sudah menghentikan program upgrade ke Windows 10 secara gratis pada 30 Juli 2016, saat ini kalian masih bisa melakukan upgrade dengan gratis memanfaatkan loophole yang ada.

Tapi, ada satu hal yang patut diingat yaitu perangkat yang bisa menggunakan program upgrade gratis ini hanya perangkat yang telah menjalankan Windows 7 atau Windows 8 versi legal. Sistem operasi versi Home akan di-upgrade menjadi Windows 10 Home sedangkan versi Pro akan di-upgrade menjadi Windows 10 Pro.Setelah memahami ketentuannya, berikut cara upgrade Windows 10 secara gratis di perangkat komputer kalian yang dirangkum detikINET dari Forbes, Senin (13/1/2020):

  1. Masuk ke situs download Windows 10 di sini.
  2. Klik ‘Download Tool Now’ untuk mengunduh Windows 10 Media Creation Tool.
  3. Setelah proses download selesai, buka file yang diunduh dan terima syarat dan ketentuan lisensi.
  4. Pilih opsi ‘Upgrade this PC now’ lalu klik Next.
  5. Pilih opsi ‘Keep personal files and apps’.
  6. Klik ‘Install’. Proses ini akan memakan waktu cukup lama dan memerlukan beberapa kali restart.
  7. Setelah selesai install buka aplikasi Settings > Windows Update > Activation untuk mengaktivasi lisensi digital Windows 10.
  8. Atau masukkan lisensi Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang asli dan legal jika kalian belum pernah mengaktivasi sistem operasi versi lama tersebut.

Untuk memastikan jika lisensi kalian sudah teraktivasi dengan benar, buka aplikasi Settings > Update & Security > Activation. Bagaimana detikers, sudah siap meng-upgrade perangkat kalian ke Windows 10?

 

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.