Wow! Ternyata Motor MotoGP Ilegal untuk Dipakai di Jalanan

0
166

TNews, SAINS TEKNO – Tidak ada satupun motor MotoGP boleh dipakai di jalanan untuk keperluan sehari-hari. Bukan semata karena harga satunnya luar biasa mahal, tapi karena motor tersebut memang tak aman di jalanan.

Pertama-tama yang perlu diketahui, motor MotoGP adalah motor yang dibuat bukan untuk kebutuhan produksi masal. Setiap satu motor MotoGP dibangun dari nol secara spesifik, dari sketsa untuk kemudian dirangkai khusus untuk kebutuhan balapan.

MotoGP juga jadi balapan yang unik. Tak seperti balapan motor lainnya yang berada di bawah FIM, MotoGP adalah satu-satunya balapan yang menggunkan motor yang tidak diproduksi masal. Setiap motor MotoGP dibangun untuk balapan dan dibuat dengan detil-detil yang sangat spesifik, bahkan berbeda untuk satu pebalap dengan pebalap lain meski di tim yang sama.

Kenapa motor MotoGP ilegal dipakai dijalanan?

Meski secara kasat mata motor MotoGP terlihat sama dengan motor produksi pada umumnya, pada kenyataannya tidak demikian. Justru ada sangat banyak perbedaan.

Misalnya, motor MotoGP tidak punya starter elektrik (bahkan kick starter pun tidak ada). Yang juga sangat terlihat adalah ketiadaan headlamp, kaca spion, dan alat indikator lainnya. Tanpa perlengkapan tersebut, motor MotoGP ilegal ada di jalanan.

Hal lainnya terkait suara yang dihasilkan. Di banyak negara ada pembatasan suara knalpot kendaraan sampai batas 95 desibel. Sementara motor MotoGP diwajibkan memiliki kebisingan di bawah 139 desibel.

Kalau memang akan digunakan di jalanan, modifikasi yang harus dilakukan adalah mengganti ban karena MotoGP menggunakan ban slick. Tapi ini sepertinya tidak akan menjadi masalah besar karena ada banyak ban dijual di pasaran dengan ukuran yang sama dengan ban motor MotoGP. Demikian dikutip dari Twomotion.

Motor apa yang mirip MotoGP namun bisa dipakai di jalanan?

Sebenarnya tidak ada motor produksi yang dibuat dengan cara yang sama seperti motor MotoGP dibangun. Tapi kalau kamu mau merasakan sensasi mengendarai MotoGP, beberapa varian ini dianggap paling merepresentasikan feel yang sangat dekat dengan MotoGP:

– Aprilia RSV4 1100 Factory
– Ducati Superleggera V4
– Honda CBR1000RR-R Fireblade SP
– Yamaha YZF-R1M

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.