ZAP Beauty Index 2024 & MEN/O/LOGY Index 2024: Wanita dan Pria Indonesia Sepakat Good Looking Privilege Permudah Hidup, Tapi Kecerdasan Jadi Daya Tarik Utama Pilih Pasangan

0
6

ZAP Beauty Index 2024 is back! Riset kompherensif yang dilakukan ZAP sejak 2018 secara konsisten, kini menambah cakupan riset kepada 9000 wanita lintas generasi dari seluruh Indonesia. ZAP Clinic untuk pertama kalinya merilis laporan yang lebih komprehensif dengan memotret behavior kaum pria dalam hal perawatan dan kesehatan melalui Menology Index 2024!

Bertajuk Break The Barriers: Build Confidence in Beauty and Male Grooming Stereotypes berisi potret, perilaku, dan persepsi lintas generasi wanita dan pria Indonesia terhadap dunia kecantikan serta maskulinitas.

ZAP Beauty Index dan Menology Index merupakan bentuk kontribusi positif ZAP terhadap komunitas, pendidikan dan media untuk digunakan secara umum sebagai data penunjang kebutuhan industri kecantikan Tanah Air.
Survei ini diharapkan mampu membantu perkembangan industri kecantikan di Indonesia dan secara berkala akan terus dikembangkan sesuai dengan kemajuan industri.

Jakarta, 26 Januari 2024 – Siapa yang setuju jika menjadi cantik atau ganteng bakal membawa banyak kemudahan hidup? Mayoritas wanita dan pria Indonesia tak ragu dengan hal ini. Mereka meyakini bahwa good looking privilege dan beauty privilege nyata adanya. 

Survei ZAP Beauty Index 2024 menunjukkan bahwa 96.2 persen wanita dari Generasi X, Millenial dan Gen Z mempercayai bahwa wanita yang dianggap “cantik” dapat memiliki hidup yang lebih beruntung. Keberuntungan yang dimaksud adalah kesempatan yang lebih besar untuk diperlakukan dengan lebih baik oleh orang-orang sekitar, lebih mudah mendapatkan pasangan, hingga selalu diprioritaskan dalam lowongan pekerjaan lewat syarat klasik “berpenampilan menarik”. 

Senada dengan pendapat wanita, para pria Indonesia juga mempercayai adanya good looking privilege. Dari temuan MEN/O/LOGY Index 2024, 87.6 persen pria Indonesia mengamini jika menjadi good looking atau ganteng juga membawa banyak keuntungan. 

Image

Lalu, apa sebenarnya arti cantik atau ganteng? Berbeda dengan wanita yang sering mengasosiasikan kata cantik dengan karakteristik fisik, para pria memprioritaskan seluruh penampilan mereka. MEN/O/LOGY Index 2024 mengungkapkan 23.5 persen pria Indonesia merasa ganteng jika berpenampilan well dressed dan 17.7 persen lainnya merasa ganteng jika bertubuh sehat dan bugar. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia, para pria semakin setuju bahwa memiliki mindset positif membuat mereka merasa tampan.

Dalam memandang daya tarik wanita, rupanya kecantikan fisik bukanlah hal utama bagi pria. Kepribadian dan kepintaran wanita adalah pertimbangan yang utama. Sebanyak 71.1 persen pria Indonesia yang berpartisipasi dalam survei MEN/O/LOGY Index menjawab jika personality dan attitude wanita adalah hal terpenting. Sementara itu, kepintaran menjadi daya tarik wanita di peringkat kedua dengan persentase 56.2 persen.

ZAP Beauty Index 2024 memotret tren yang sama terkait kecerdasan sebagai daya tarik lawan jenis. Bagi wanita Indonesia, fisik tak lagi menjadi faktor utama dalam memilih pasangan hidup. Sebanyak 65.3 persen wanita Indonesia setuju bahwa kecerdasan merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh calon pasangan mereka. Pria tampan belum tentu selalu menjadi pilihan, karena secara fisik, wanita Indonesia lebih menyukai pria yang tinggi dan memiliki wajah yang terawat. Tak kalah penting, 55.6 persen wanita Indonesia lebih memprioritaskan pria yang mapan secara finansial dalam mencari pasangan. 

Maka, tak heran jika 68.3 persen pria menjadikan kestabilan finansial sebagai pencapaian/achievement utama mereka saat ini. Kemampuan finansial memang menjadi faktor penting, terutama terkait dengan kesiapan menikah. Walaupun mungkin para pria relatif setuju jika kestabilan finansial penting untuk melangkah ke jenjang selanjutnya, namun terdapat perbedaan pendapat mengenai usia siap menikah. Masih dari survei yang sama, MEN/O/LOGY Index menemukan jika Gen Z lebih siap membangun rumah tangga di usia yang lebih muda. Mayoritas pria Gen Z menyatakan siap untuk menikah di rentang usia 26-28 tahun, sedangkan mayoritas Gen X dan Gen Y berpendapat 28-30 tahun merupakan rentang yang lebih baik.

Data-data di atas merupakan beberapa temuan menarik dari ZAP Beauty Index 2024 dan MEN/O/LOGY Index 2024. Dua survei tersebut dilakukan oleh ZAP Clinic bersama MarkPlus dan akan segera diluncurkan pada akhir Januari 2024. Sejak 2019, ZAP Beauty Index telah menjadi survei pertama dan paling komprehensif yang membahas tentang persepsi dan kebiasaan wanita terkait kecantikan. Sementara itu, MEN/O/LOGY Index menghadirkan data mengenai persepsi, kebiasaan, dan preferensi pria Indonesia dalam merawat diri. Pertama kalinya akan diluncurkan ZAP pada tahun ini, MEN/O/LOGY Index akan menjadi pionir data mengenai perawatan pria di Indonesia.   

Penasaran dengan hasil lengkap ZAP Beauty Index 2024 tentang kecantikan dan MEN/O/LOGY Index tentang ketampanan? Sembari menunggu, kamu bisa membaca ZAP Beauty Index terdahulu pada link berikut ini.

Image

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.