Berawal dari Penemuan Roda, Ini Sejarah Alat Transportasi Dunia

0
75
ilustrasi

TNews, SEJARAH – Mobilitas manusia dilakukan dengan jalan kaki sebelum alat transportasi ditemukan. Sejarah perkembangan transportasi baru dimulai dengan ditemukannya roda sekitar 3500 SM.

Roda pertama kali ditemukan di Irak. Lalu, sekitar 3100 SM, kapal layar ditemukan oleh orang Mesir dan orang Romawi mulai membangun jalan di seluruh Eropa.

Sejarah Perkembangan Transportasi Dunia

Manusia purba di era Paleolitikum sekitar 15.000 hingga 750.000 tahun yang lalu menemukan bahwa benda bulat yang berat dapat lebih mudah dipindahkan dengan menggulungnya daripada benda besar dan tidak beraturan. Berikut sejarah perkembangan transportasi dimulai dari penemuan roda.

Penemuan Roda

Roda adalah penemuan paling kuno bagi umat manusia di dunia. Roda tembikar pertama kali digunakan di Mesopotamia (Irak modern) pada tahun 3500 SM. Namun, roda ini tidak digunakan sebagai transportasi melainkan untuk tembikar, dilansir dari Science ABC.

Roda kayu tertua sejauh ini ditemukan di Ljubljana, Slovenia dan diyakini berasal dari sekitar 3200 SM. Ini merupakan pertama kali roda digunakan untuk transportasi di kereta.

Pada perkembangan roda berikutnya, orang Mesir menciptakan roda berjari-jari sekitar tahun 2000 SM, sementara kereta Celtic satu milenium mulai menggunakan pelek besi untuk kekuatan yang lebih besar.

Penemuan Kapal Layar

Kapal layar mulai digunakan sebagai alat transportasi oleh orang Mesir selama milenium ke-4 SM. Sungai Nil menjadi sejarah penggunaan kapal di sana. Perahu-perahu Mesir biasanya menampilkan layar dan dayung.

kebanyakan perahu Nil awal memiliki layar persegi tunggal serta satu tingkat, atau baris, pendayung. Dengan cepat, beberapa level mulai digunakan, karena sulit untuk mengarahkan perahu yang sangat panjang di laut lepas.

Transportasi Kuda

Kuda pertama kali didomestikasi sekitar 3500 SM, mungkin di stepa Rusia selatan dan Kazakhstan, dan diperkenalkan ke Timur Dekat kuno sekitar 2300 SM. Sebelum waktu ini, orang menggunakan keledai sebagai hewan penarik dan binatang beban, dilansir dari British Museum.

Adopsi kuda adalah salah satu penemuan terpenting bagi masyarakat manusia purba. Kuda dan hewan lainnya digunakan untuk menarik kendaraan beroda, kereta, gerobak dan gerobak dan kuda semakin banyak digunakan untuk berkuda di Timur Dekat setidaknya sekitar 2000 SM dan seterusnya.

Transportasi Baru

Moda transportasi baru banyak ditemukan pada tahun 1700-an hingga 1800-an. Beberapa di antaranya adalah sepeda, kereta api, mobil, truk, hingga pesawat terbang. Mobil pertama dikembangkan dengan mesin pembakaran dalam atau internal combustion engine.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.