Ini 10 Bahasa Lisan Tertua di Dunia

0
88
ilustrasi

TNews, SEJARAH – Bahasa yang ada di dunia saat ini hampir mencapai 7.000 jenis. Ada banyak dari bahasa tersebut merupakan berasal dari bahasa kuno yang pertama kali muncul di dunia.

Dalam catatan sejarah, kepastian kapan munculnya bahasa pertama di dunia sulit untuk ditentukan. Beberapa bahasa yang berhasil ditemukan usianya merupakan hasil dari sebuah penemuan-penemuan bukti tertulis hingga berbagai referensi penelitian.

Di antara banyaknya bahasa di dunia, berikut ini adalah yang dikenal paling tua mengutip laman The Oldest.

10 Bahasa Paling Tua di Dunia:

  1. Bahasa Arab

Bahasa Arab hanya dapat dibuktikan sekitar abad ke-1 M, tetapi bahasa tersebut mungkin telah muncul jauh lebih awal. Para ahli percaya bahwa sebagai bahasa lisan Arab baru muncul sekitar abad ke-4 M di tempat yang sekarang disebut Suriah.

Meskipun, bahasa Arab tidak memiliki sejarah panjang ribuan tahun, namun bahasa ini merupakan yang paling banyak digunakan di dunia. Sekitar 310 juta orang di seluruh dunia berbicara bahasa Arab sebagai bahasa ibu dan tambahan 270 juta orang fasih berbicara bahasa Arab sebagai bahasa kedua.

  1. Bahasa Tamil

Tamil adalah bahasa non-Sansekerta tertua yang terbukti berasal dari India, dengan catatan bahasa paling awal yang diketahui berasal dari sekitar 300 SM.

Bukti bahasa terdapat pada prasasti Tamil yang ditemukan di gua-gua dan tembikar. Tamil lama akhirnya berkembang menjadi Tamil modern dan masih dituturkan oleh sekitar 75 juta orang. Tamil juga merupakan bahasa resmi Sri Lanka, Singapura, dan negara bagian Tamil Nadu di India.

  1. Bahasa Persia

Persia atau yang dikenal sekarang Farsi, berasal dari Iran Kuno. Sejarah bahasa ini dibagi menjadi tiga periode yakni Persia Kuno (c.525 SM – 300 SM), Persia Tengah (300 SM – 800 M), dan Persia modern (sejak 800 M).

Beberapa contoh prasasti Persia Kuno yang paling awal berasal dari sekitar 600 SM, tetapi contoh paling penting dari tulisan Persia awal adalah Prasasti Behistun, yang bertanggal sekitar 525 SM.

Saat ini, bahasa Persia masih menjadi bahasa yang banyak digunakan dan dituturkan oleh sekitar 110 juta orang di seluruh dunia. Bahasa Persia adalah bahasa resmi Iran, Afghanistan, dan Tajikistan.

  1. Bahasa Latin

Prasasti Latin tertua yang diketahui berasal dari sekitar abad ke-7 SM. Bahasa ini berasal dari daerah yang sekarang menjadi Roma dan menjadi bahasa yang dominan saat Republik Romawi menyebarkan kekuasaannya.

Akhirnya, bahasa Latin menyebar sampai ke Kekaisaran Romawi barat. Sementara bahasa Latin sendiri, bukan lagi bahasa umum, bahasa Latin Vulgar atau bahasa Latin sehari-hari berkembang menjadi bahasa Roman yakni Italia, Prancis, Portugis, Rumania, dan Spanyol. Bahasa Inggris juga memiliki banyak kata dengan akar Latin.

  1. Bahasa Ibrani

Meskipun ada beberapa bahasa yang memiliki akar yang lebih tua, bahasa Ibrani sering disebut sebagai bahasa lisan tertua di dunia.

Hal ini karena hubungan Ibrani dengan teks-teks alkitabiah. Namun, bahasa Ibrani hampir punah sepenuhnya selama beberapa abad sebelum dihidupkan kembali pada abad ke-19 oleh aktivis Yahudi Eliezer Ben-Yehuda. Setelah itu, bahasa Ibrani dinyatakan sebagai bahasa resmi Negara Israel pada tahun 1948.

  1. Bahasa Aram

Aram adalah bahasa Semit kuno lainnya, yang memiliki hubungan dengan beberapa teks alkitabiah paling awal yang diketahui.

Meskipun catatan bahasa Aram paling awal diketahui hanya sekitar tahun 1100 SM, bahasa tersebut diyakini berasal jauh lebih awal. Aram adalah bahasa orang Aram, yang menetap di Aram Kuno (Suriah modern) selama Zaman Perunggu (sekitar 3500 SM).

  1. Bahasa China

Saat ini, ada banyak dialek bahasa China yang berbeda, tetapi semuanya berasal dari bahasa China Kuno, yang berasal dari lebih dari 3.000 tahun yang lalu.

Catatan tertulis pertama bahasa Cina berasal dari Dinasti Shang dan sistem penulisan awal ini dikenal sebagai Oracle Bone Script. Sesuai namanya, tulisan itu muncul di tulang oracle, yang digunakan untuk ramalan pyromantic.

  1. Bahasa Sansekerta

Sansekerta adalah bahasa kuno yang menelusuri akarnya ke lebih dari 3.500 tahun yang lalu di India Kuno. Bentuk Sanskrit tertua yang diketahui adalah Sansekerta Veda dan berasal dari Rgveda, sebuah teks penting India kuno yang masih menjadi salah satu teks kanonik suci agama Hindu.

Meskipun tidak ada yang tahu pasti kapan Rgveda ditulis, bagian tertua dari koleksi tersebut diperkirakan berasal dari sekitar tahun 1500 SM.

  1. Bahasa Yunani

Yunani adalah bahasa Indo-Eropa tertua yang masih hidup dan berasal dari setidaknya abad ke-16 SM. Sementara catatan paling awal yang diketahui dari bahasa Yunani berasal dari sekitar abad ke-16 SM, sejarawan percaya bahwa orang-orang di semenanjung Balkan telah berbicara bahasa Yunani sejak milenium ke-3 SM atau mungkin lebih awal.

  1. Bahasa Mesir

Kalimat lengkap paling awal yang diketahui dalam bahasa Mesir berasal dari sekitar 2690 SM dan hieroglif Mesir dari makam bahkan lebih jauh lagi dari 3200 SM.

Mesir Kuno berubah menjadi Mesir Tengah, yang kemudian berkembang menjadi Demotik dan akhirnya Koptik. Orang Mesir berbicara bahasa Koptik secara teratur sampai sekitar abad ke-17 ketika tidak disukai dan digantikan oleh bahasa Arab.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.