Ini 4 Konsep Waktu dalam Sejarah

0
192
Ilustrasi Waktu. Foto (hipwee)

TNews, SEJARAH – Konsep waktu dalam sejarah dinilai penting. Sebab, setiap peristiwa sejarah berada pada kurun waktu tertentu. Waktu memberikan konteks atau setting tertentu bagi berlangsungnya peristiwa sejarah.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung.

Berdasarkan Modul Sejarah Kelas X yang disusun oleh Luluk Masruroh, waktu memiliki dua makna, yaitu denotatif dan konotatif.

Secara denotatif, waktu bermakna sebagai satu kesatuan yang terdiri dari detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, abad, dan seterusnya.

Sementara itu, makna waktu secara konotatif mengacu pada ruang yang merupakan tempat terjadinya suatu peristiwa.

Mengutip dari sumber yang sama, Kuntowijoyo menjelaskan bahwa konsep waktu dalam sejarah mencakup 4 hal. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini.

4 Konsep Waktu dalam Sejarah

  1. Perkembangan

Hal pertama pada konsep waktu dalam sejarah adalah perkembangan. Maksudnya, sejarah akan melihat dan mencatat peristiwa yang menunjukkan terjadinya perubahan dalam masyarakat dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Umumnya dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih rumit.

  1. Kesinambungan

Yang kedua adalah kesinambungan atau kontinuitas. Jadi, dari kesinambungan itu maka akan melahirkan kondisi baru, namun tetap diwariskan atau diteruskan karena dianggap baik oleh suatu masyarakat.

  1. Pengulangan

Pengulangan menjadi hal ketiga pada konsep waktu. Dalam sejarah, pengulangan terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang.

  1. Perubahan

Berkaitan dengan pengulangan, maka akan menghasilkan perubahan karena praktik lama dinilai tidak memadai lagi untuk menunjang kemajuan dan tata kehidupan.

Masa Lalu Jadi yang Paling Dominan dalam Konsep Waktu

Dikutip dari buku Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X tulisan Windriati, dalam perjalanan waktu, ilmu sejarah mengenal adanya konsep perubahan. Perkembangan kehidupan sejak adanya manusia sampai sekarang, dapat disimpulkan bahwa konsep waktu berkaitan erat dengan sejarah.

Konsep waktu terbagi menjadi tiga, yaitu masa lalu (past), masa sekarang (present), dan masa depan (future). Berkaitan dengan itu, dalam sejarah makan konsep waktu yang paling dominan adalah masa lalu. Namun, masa lalu juga mempengaruhi peristiwa-peristiwa di masa sekarang dan masa depan.

Peranan Sejarah dalam Kehidupan Masyarakat

Sebagai sebuah ilmu yang menyajikan berbagai peristiwa sesuai fakta yang terjadi, sejarah mengandung banyak pelajaran yang dapat diambil agar masyarakat dapat lebih arif dan bijaksana.

Menurut sumber yang sama, manusia telah diberikan akal dan pikiran supaya dapat belajar untuk menjadi lebih baik. Pelajaran dalam sejarah menuliskan berbagai hal, agar generasi penerus bangsa bisa belajar dan menentukan langkah-langkah kehidupannya di masa yang akan datang.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.