Ini 6 Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia

0
92
foto google

TNews, SEJARAH ­‑ Alat-alat yang canggih yang kini memudahkan masyarakat dalam beraktivitas miliki sejarah yang cukup panjang. Bahkan penemuan-penemuan canggih yang ditemukan pada zaman dahulu ini sangat berpengaruh di dunia bahkan sampai zaman modern seperti saat ini.

Mempelajari dan menelusuri tentang sejarah memang sangat asyik dan tentunya menambah pengetahuan. Setiap benda yang dikenal di zaman modern saat ini tentu sudah melewati sejarah panjang yang awal mulanya kerap bikin siapapun yang membacanya menjadi berdecak kagum.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi, bangunan-bangunan sejarah, dan lain sebagainya juga ikut berkembang. Teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat dunia lebih mudah dalam melakukan ragam kegiatan.

  1. Ponsel

Ponsel merupakan salah satu barang elektronik yang kini memberikan kemudahan masyarakat untuk menjalankan aktivitasnya. Perkembangan ponsel sangat pesat di setiap zamannya. Bahkan sebelum ada ponsel atau smartphone, masyarakat hanya menggunakan pesawat telepon rumah yang biasa ada kabelnya. Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan telepon rumah ini digantikan dengan smartphone.

Dulu smatphone identik dengan barang elektronik yang dapat membantu masyarakat untuk saling bertukar pesan saja. Namun kini, smartphone bisa digunakan untuk belanja online, nonton film, dan lain sebagainya.

Perkembangan ponsel sampai menjadi salah satu kebutuhan masyarakat ini tentunya melewati sejarah yang cukup panjang. Martin Cooper, seorang insinyur yang bekerja untuk Motorola, menciptakan ponsel pertama yakni pada tahun 1973 dan melakukan panggilan pertama untuk mengejek perusahaan saingan mereka. Ponsel ini membutuhkan waktu 10 jam untuk mengisi daya dan memiliki berat lebih dari 1 kilogram.

  1. Apple Retro

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Bisa dikatakan perkembangan perusahaan Apple ini sangat pesat. Tak hanya berfokus pada telepon pintar, namun Apple juga mencetuskan komputer pribadi, komputer table, bahkan sampai jam tangan yang disebut Apple Watch.

Sukses di bidang teknologi, perjalanan perusahaan Apple sendiri tentunya penuh lika liku. Gambar yang tertera ini merupakan potret keluaran pertama perusahaan Apple yang membantu Steve Jobs mengamankan kesepakatan dengan Byte Shop. Gambar tersebut merupakan Apple I yang dibangun oleh Steve Wozniak. Apple I adalah komputer desktop pertama yang disajikan kepada publik. Biayanya ditetapkan menjadi $ 666,66 karena Wozniak termasuk dalam ‘digit berulang’.

  1. Tisu Toilet

Tisu toilet merupakan salah satu barang yang sangat dibutuhkan ketika seseorang berada dalam toilet. Rupanya tisu toilet ini juga punya sejarah yang cukup panjang sampai menjadi salah satu barang yang selalu ada di toilet, salah satunya di toilet umum.

Tentunya sulit dibayangkan bagaimana masa-masa tanpa produk kebersihan. Namun seiring dengan perkembangan zaman seseorang mulai sadar dan menemukan cara agar kebersihan diri tetap terjaga. Orang zaman dahulu memilih untuk menggunakan apapun untuk membersihkan. Sampai pada tahun 1857 masyarakat menggunakan renda, halaman buku, wol, jerami, dan bahkan tangan mereka sendiri. Tisu toilet pertama kali disebutkan dalam teks China sekitar abad ke-6.

  1. Foto Berwarna

Kini, mendapatkan foto berwarna sangat mudah. Foto juga mengalami perkembangan yang cukup pesat dan melewati sejarah yang cukup panjang. Zaman dahulu sangat sulit mendapatkan foto berwarna, hanya foto hitam putih yang tersedia.

Foto berwarna pertama kali diambil James Clerk Maxwell dan Thomas Sutton. Dimana, James Clerk Maxwell dan Thomas Sutton mengambil foto pita tartan Skotlandia pada tahun 1861 dengan memotretnya melalui tiga filter berbeda yakni hijau, merah, dan biru.

  1. Selfie Tertua

Selfie atau swafoto adalah adalah jenis foto dengan cara potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digital atau ponsel pintar. Selfie kini menjadi salah satu kegiatan yang kerap dilakukan seseorang dengan mengambil potret dirinya sendiri tanpa bantuan seseorang. Selfie pertama tertua dilakukan seseorang tahun 1839.

Pada tahun 1839, Robert Cornelius, seorang ahli kimia pada siang hari dan fotografer pada malam hari, harus berpose selama satu menit penuh tanpa bergerak untuk membuat bidikan di toko milik orang tuanya.

 

Sumber : liputan6.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.