Ini Peran Indonesia dalam PBB & Hubungan Internasional

0
339
(foto google)

TNews, SEJARAH – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) merupakan organisasi Internasional yang didirikan oleh empat negara besar, yaitu Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, dan Cina.

PBB memiliki tujuan untuk mewujudkan perdamaian dunia dan kerja sama antarnegara anggota. PBB berdiri secara resmi pada 24 Oktober 1945 dan bermarkas besar di New York, Amerika Serikat.

  1. Peran Indonesia dalam PBB

Mengutip buku IPS TERPADU oleh Sri Pujiastuti, dan kawan-kawan, Indonesia menjadi anggota PBB sejak 28 September 1950 dan merupakan anggota ke-60.

Namun, pada 7 Januari 1965, Indonesia keluar dari keanggotaan PBB sebagai protes atas masuknya Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Baru pada 28 September 1966, Indonesia pun kembali menjadi anggota PBB.

Adapun peran Indonesia dalam PBB antara lain:

  1. Indonesia ikut serta dalam memelihara perdamaian dunia
  2. Mengirim pasukan Garuda ke daerah-daerah konflik, seperti Timur Tengah (1957) Vietnam (1973), Bosnia (1993-1995), dan Libanon (2006).
  3. Mengirim Mohammad Roem sebagai ketua delegasi RI pertama dalam Sidang Umum PBB
  4. Atas perannya, Indonesia juga merasakan peran PBB dalam mengusahakan kemerdekaan Indonesia. Peran PBB itu terlihat dalam pembentukan KTN (Komisi Tiga Negara) yang mengawasi Perjanjian Renville, mengutus UNCI (United Nations Commissions on Indonesia) dalam menyelesaikan sengketa antara Indonesia dan Belanda, mengirim pasukan UNSF (United Nations Security Forces) untuk menjaga keamanan wilayah Irian Barat ketika penyelesaian masalah Irian Barat antara Indonesia dan Belanda berlangsung.
  5. Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional

Selain peran dalam PBB, Indonesia juga memiliki peran dalam hubungan internasional. Berikut peran Indonesia dikutip dari buku ‘Pasti Bisa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/MA Kelas XI oleh Tim Ganesha Operation.

  1. Mengirimkan duta besar ke beberapa negara atau menerima duta besar negara lain yang menjalin kerja sama dengan Indonesia.
  2. Mendukung gerakan zona bebas nuklir di kawasan negara-negara anggota Association of SouthEast Asian Nations (ASEAN).
  3. Mendukung terselenggaranya ASEAN Free Trade Area (AFTA) di kawasan negara anggota ASEAN.
  4. Peran Indonesia lainnya dalam perdamaian dunia dalam bentuk hubungan internasional yakni turut berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran pelajar dan mahasiswa dari dan ke luar Indonesia.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.