Kisah Antah-berantah Museum MACAN Bertualang

0
34

TNews, WISATA – Pameran seni Kisah Antah-berantah yang ada di ruang seni anak komisi UOB Museum MACAN segara bisa dinikmati secara virtual pada 15 Desember 2020. Karya-karya mitologis dari fabel khas Bali disajikan perupa Citra Sasmita secara unik.

Citra Sasmita menjadi seniman kelima yang terpilih untuk memajang karya secara khusus di ruang seni anak. Pertama kalinya pula, Museum MACAN mengangkat budaya nusantara asal Bali yang bernama tantri.

“Anak-anak dan keluarga dapat belajar nilai keberanian dan cerita yang disuarakan lewat karya-karya Citra Sasmita. Anak-anak juga diajak untuk mengeksplorasi karya yang ada,” tutur Kepala Departemen Edukasi dan Program Publik Museum MACAN, Aprina Murwanti, saat jumpa pers virtual, Senin (14/12/2020).

Secara spesial, karya-karya dalam Kisah Antah-berantah akan bertualang ke Jakarta dan Tangerang Selatan. Ada berbagai aktivitas yang sudah disiapkan pihak Museum MACAN.

“Perjalanan ke luar ini akan ada di beberapa titik di Jakarta dan Tangerang Selatan. Kami akan membawa satu totem yang diajak traveling lewat QR Code yang bisa masuk ke eksibisi virtual,” sambung Aprina.

Tapi beberapa titik lokasi yang disiapkan Museum MACAN ditegaskan tidak akan menimbulkan kerumunan massa maupun kelompok tertentu. “Kami pastikan aman ya, karena sedikit pengalaman saja yang ditampilkan dan itu berdekatan dengan pepohonan atau taman,” katanya.

Dunia imajiner dalam fabel dan mitologi tradisional Bali yang dihadirkan Museum MACAN merupakan pengalaman hibrida yang terdiri dari instalasi fisik dan aktivasi daring.

Karakter fabel hadir melalui tur virtual 360 derajat yang dirancang perusahaan teknologi digital Festivo dan tato wajah yang disajikan di filter Instagram oleh Octagon Studio.

Aprina menuturkan Museum MACAN sudah menyiapkan empat aktivasi untuk pameran Kisah Antah-berantah. Selain bertualang ke Jakarta dan Tangsel, ada program MACAN Home Kit dan Octagon Studio membuatkan website web augmented reality (WebAR) yang bisa terintegrasi dan muncul di berbagai lokasi di rumah.

“Festivo juga menyiapkan interaktif storybook untuk membuatkan satu platform anak-anak dan keluarga yang bisa memilih karakter yang disukai dan men-download dalam bentuk video sampai menyebut ‘Ini kisah Antah-berantahku’,” pungkasnya.

 

Sumber: detik.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.