Rusia Miliki Senjata Pemusnah Massal Terbesar

0
29
Ilustrasi

TNews, SEJARAH – Profil Rusia yang tengah menginvasi Ukraina menjadi sorotan masyarakat di berbagai belahan benua. Bahkan, Rusia kerap disebut sebagai negara penyulut Perang Dunia III karena menyerang saudara tuanya, Ukraina.

Banyak yang penasaran dengan negara yang dipimpin presiden Vladimir Putin ini. Berikut profil Rusia yang dirangkum dari beberapa sumber.

Kondisi Geografi Rusia

Selama ini banyak orang hanya mengenal Rusia dari sudut pandang presidennya, namun tak banyak yang tahu bahwa Rusia adalah negara terluas di dunia dengan luas wilayah 17.125.200 kmĀ² alias mencakup seperdelapan luas daratan di bumi.

Wilayahnya membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa timur. Saking luasnya, Rusia bahkan memiliki 11 zona waktu. Negara yang berbatasan dengan Rusia cukup banyak, termasuk salah satunya adalah Ukraina.

Dari barat laut sampai tenggara, Rusia berbatasan dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lituania, Polandia, Belarusia, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, Tiongkok, Mongolia dan Korea Utara.

Menurut data bulan Maret 2016, Rusia adalah termasuk negara dengan penduduk terbanyak di dunia, sekitar 146 juta jiwa.

Sejarah Rusia

Setelah Revolusi Rusia, Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia menjadi bagian utama dari Republik Sosialis Uni Soviet, negara pertama di dunia yang memiliki konstitusi negara sosialis.

Uni Soviet memerankan peran bertahan dalam kemenangan Sekutu pada Perang Dunia II dan muncul sebagai negara adikuasa yang menjadi lawan Amerika selama Perang Dingin.

 

Sumber : suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.