Sejarah Pembangunan Irian Barat dan Pidato Soekarno

0
167
Ir. Soekarno

TNews, SEJARAH – Pembangunan Irian Barat dimulai pada 24 September 1962. Pada 1 Mei 1963, Belanda dinyatakan keluar dari Irian sehingga Indonesia mutlak menempati pulau tersebut.

Pada saat yang bersamaan terbentuklah panitia untuk membangun Irian Barat, di mana Presiden Pertama Indonesia Soekarno menyuarakan pidato dalam Pelantikan Panitia Pembangunan Irian Barat tersebut.

Meski sudah berusia 57 tahun, pidato mantan presiden nomor satu ketika itu masih disimpan Arsip Nasional RI. Pidato tersebut disampaikan melalui akun resmi mereka di twitter.

“Sahabat Arsip.. #ArsipHariIni menampilkan Arsip Pidato Presiden Sukarno pada Pelantikan Panitia Pembangunan Irian Barat. 24 September 1962. Sumber : ANRI. Pidato Presiden Sukarno No. 416,” tulis @ArsipNasionalRI

Begini lah isi pidato mantan Presiden Indonesia nomor satu yang dituliskan oleh Arsip Nasional:

“Untuk hal itu saudara-saudara tentu segenap tenaga pemerintah, segenap rakyat harus dikumpulkan, akumulasikan dan terutama sekali juga dari bagian masyarakat sendiri diharap bantuan baik mental maupun materiil yang sehebat-hebatnya. Mental kita telah mendapat sokongan yang sebesar-besarnya daripada rakyat Indonesia di dalam menyelenggarakan Trikora. Kita bahkan tidak kekurangan sukarelawan-sukarelawan yang menyediakan jiwa dan raganya untuk berkorban dalam membebaskan Irian Barat itu,” ucap Soekarno, seperti ditulis Arsip Nasional.

 

Sumber: Okezone.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.