Sevilla di Spanyol, Ibu Kota Andalusia yang Bersejarah

0
83
(foto google)

TNews, SEJARAH – Sevilla tak hanya dikenal sebagai tim sepak bolanya, tapi juga memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui. Sevilla merupakan kota di bawah kota komunitas Andalusia di selatan Spanyol.

Sevilla terletak di tepi kiri timur Sungai Guadalquivir, sekitar 87 km utara Samudra Atlantik dan sekitar 550 km barat daya Madrid. Sevilla merupakan sebuah kota pelabuhan pedalaman yang menjadi kota utama Andalusia dan terbesar keempat di Spanyol, melansir dari laman britannica, Selasa, 4 Januari 2022.

Sevilla berperan penting dalam sejarah sebagai pusat budaya Muslim Spanyol, dan sebagai pusat penjelajahan Spanyol di Dunia Baru. Andalusia adalah titik awal penyebaran Islam di Negeri Matador itu.

Sevilla awalnya adalah kota Iberia. Di bawah Romawi, kota itu berkembang dari abad ke-2 SM dan seterusnya sebagai Hispalis dan sebagai pusat administrasi Provinsi Baetica.

Bangsa Vandal Silingi menjadikannya pusat kerajaan mereka pada awal abad ke-5 M, tetapi pada 461 wilayah ini disahkan di bawah pemerintahan Visigoth. Pada 711, kota itu jatuh ke tangan Muslim.

Di bawah kekuasaan mereka, Ixvillia, demikian sebutannya, berkembang pesat. Ini menjadi pusat budaya dan komersial terkemuka di bawah dinasti Abbādid dan konfederasi Almoravid dan Almohad berikutnya.

Sebagai ibu kota Almohad pada abad ke-12, Sevilla menikmati kemakmuran besar dan program pembangunan yang ambisius. Tetapi setelah kepemilikan Muslim atas Sevilla berakhir pada 1248 oleh orang-orang Kristen Spanyol di bawah Ferdinand III, minoritas Moor dan Yahudi yang substansial diasingkan, dan ekonomi lokal jatuh ke dalam kehancuran.

Penemuan benua Amerika oleh Spanyol membawa kemakmuran baru ke kota itu. Sevilla menjadi pusat eksplorasi dan eksploitasi Amerika melalui Casa de Contratación atau Rumah Perdagangan, yang didirikan di sana pada 1503 untuk mengatur perdagangan antara Spanyol dan Dunia Baru.

Selama dua abad, Sevilla memegang posisi dominan dalam perdagangan Dunia Baru Spanyol. Sevilla adalah tempat pencetakan emas dan perak utama dari Amerika, dan banyak emigran Spanyol ke Dunia Baru berlayar dari dermaganya.

Sevilla sebenarnya adalah kota terkaya dan terpadat di Spanyol pada abad ke-16, dengan sekitar 150.000 penduduk pada 1588. Namun, kecemerlangan ini cepat berlalu, karena kemakmuran Sevilla hampir seluruhnya didasarkan pada eksploitasi koloni daripada industri lokal dan berdagang.

Ekonomi Sevilla menurun pada abad ke-17, meskipun kehidupan budayanya berkembang pesat saat itu. Pelukis Diego Velázquez, Francisco de Zurbarán, dan Bartolomé Esteban Murillo, pematung Juan Martínez Montañés, dan penyair Fernando de Herrera adalah kejayaan Sevilla dan Spanyol. Miguel de Cervantes menyusun novelnya Don Quixote saat dia dikurung di penjara Sevilla.

Pada abad ke-18, penguasa Bourbon Spanyol berhasil merangsang kebangkitan ekonomi terbatas di kota, tetapi pada abad ke-19 invasi Prancis, revolusi, dan perang saudara menghentikan perkembangan tersebut. Pada 1847, Pekan Raya April, sebuah gala tahunan setelah Paskah, didirikan.

Pameran Iberoamerican pada 1929 memulai kebangkitan baru di Sevilla. Selama abad ke-20 pelabuhan diperbesar, dan kota dihidupkan kembali sebagai pusat industri dan komersial. Banyak monumen arsitektur Sevilla selamat dari Perang Saudara Spanyol (1936–1939) karena kota ini dipegang oleh kaum Nasionalis selama konflik berlangsung.

Pameran dunia Pameran Universal dibuka di Sevilla pada 1992, memacu pembangunan monumen baru dan modernisasi. Jalan baru dibangun, serta stasiun kereta api untuk melayani kereta berkecepatan tinggi Alta Velocidad Española (AVE), yang menghubungkan Sevilla ke Madrid dalam waktu kurang dari tiga jam. Stasiun kereta api tua, Antigua Estación de Córdoba, dipugar dan sekarang menjadi ruang pameran.

Jembatan baru juga dibangun, serta teater, auditorium, dan Istana Kongres. Selain itu, Sungai Guadalquivir, yang telah dialihkan di sekitar kota selama berabad-abad, dihidupkan kembali seperti dasar sungai aslinya.

 

Sumber : liputan6

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.