Data Pribadi RM BTS, Diakses Ilegal oleh Pegawai Korail

0
76
Data Pribadi RM BTS, Diakses Ilegal oleh Pegawai Korail, Gambar: Instagram @rkive

TNews, SELEBRITA – Data pribadi milik RM anggota BTS bocor ke publik. Seorang karyawan perusahaan kereta api Korea, Korail, kedapatan mengakses informasi tersebut secara ilegal.

Menurut laporan media setempat SBS 8 menjelaskan inisial karyawan itu adalah A. Ia kedapatan mengakses data perjalanan kereta pribadi RM BTS. Data pribadi yang diakses berkisar dari tujuan perjalanan dan alamat rumah hingga nomor telepon yang terdaftar di Korail.

“Dia menyalahgunakan kekuasaannya untuk mengintip nomor ponsel dan alamat idola. Pegawai berinisial “A” sudah berulang kali melakukan pelanggaran tersebut. Hingga 18 kali,” ujar SBS 8 seperti ditulis Satuviral, Kamis (02/03/ 2023),

Bahkan SBS 8 News mengabarkan si A telah mengakses informasi pribadi RM sejak 2019. Praktik ilegal itu baru terungkap setelah Korail melakukan audit internal.

“Sejak 2019, A sengaja mencari informasi pribadi RM melalui database perusahaan. Orang yang disebut-sebut dari departemen IT ini telah mencari sekitar 18 kali dalam tiga tahun,” kata SBS 8.

Salah satu kasus yang diangkat oleh SBS 8 News adalah “A” mengetahui jadwal perjalanan RM dari Seoul ke Dongdaegu pada tahun 2021. Ia diam-diam membukanya dari database.

Karyawan tersebut juga diduga menyebarkan informasi perjalanan RM di luar perusahaan. Padahal Korail memiliki aturan bahwa karyawan tidak boleh mengakses data pribadi penumpang tanpa izin.

Data tersebut hanya boleh diakses oleh departemen yang berwenang untuk tujuan bisnis. Sementara itu, A melakukan ini murni untuk keuntungan pribadi.

Tak hanya itu, A juga diduga menyebarkan informasi RM kepada teman-temannya di luar perusahaan. Dalam laporan berita SBS 8, A memberitahu temannya bahwa dia dapat melacak keberadaan leader BTS tersebut.

Menurut SBS 8 News, teman A berkata kepada temannya dapat mengatur posisi tempat duduk yang dapat bersebelahan dengan RM.

Menyusul ulasan tersebut, Korail mengeluarkan pernyataan resmi kepada publik.

“Kami mengonfirmasi bahwa ‘A’ mengakses informasi pribadi tanpa izin, Tetapi tidak jelas apakah ‘A’ membagikan informasi itu di luar perusahaan,” kata Korail.

Sementara itu, “A” juga diselidiki oleh SBS 8 News. Pria tak bertanggung jawab itu mengaku mengakses data pribadi RM BTS karena penasaran. Dia mengaku menyesal dan tidak akan mengulangi kesalahannya.

Karena perilaku tidak bertanggung jawab ini, “A” akan ditangguhkan. Sebab, dia terbukti melanggar kebijakan privasi perusahaan. Publik juga mengkritik tindakannya, karena menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan data mereka di tangan Korail.

RM rupanya sudah mendengar kabar tersebut. Ia memposting reaksinya melalui Instagram Story di akun pribadinya pada Rabu malam (3 Januari 2023). Ia mengunggah screenshot berita terkait dan memberi judul singkat, yakni “^^;;”.

Tidak lama kemudian, RM menghapus postingan tersebut. Fans juga mengkhawatirkannya, karena ini bukan pertama kalinya RM menjadi korban pelanggaran privasi. Sebelumnya, seseorang yang ia percaya telah membocorkan rekaman obrolannya ke media tanpa seizinnya.

Agensi akan menangani pelanggaran privasi tersebut sesuai dengan hukum. BIGHIT Music secara resmi telah mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan tegas terhadap tindakan karyawan Korail.

Pasalnya, perilaku A dianggap mengancam keselamatan pribadi artis. Lembaga tersebut, melalui Newsen, mengatakan akan menangani kasus tersebut sesuai dengan hukum. Publik pun mendukung aksi BIG HIT Music. Mereka berharap para pelaku benar-benar mendapatkan hukuman yang setimpal atas perbuatannya.*

Sumber: satuviral.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.