Bekerjasama dengan BINDA Sulteng, Tim Vaksinator Matako Gencarkan Pelayanan Vaksinasi Covid-19

0
68
Pelayanan vaksinasi kepada Masyarakat di Kecamatan Tojo Barat, tampak petugas sedang melakukan vaksinasi. (Foto : Dales)

TNews, TOUNA – Badan Intelejen Negara Daerah  (BINDA) Sulteng bersama Tim Vasinator Puskesmas Matako Kecamatan Tojo Barat yang di pimpin Nandang Kurniawan terus menggencarkan pelayanan vaksinasi hingga ke desa desa yang ada di Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una Una.

Sementara itu, Tim Vasinator Puskesmas Matako Kecamatan Tojo Barat Nandang Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada BIN atas kerja sama yang sudah terjalin selama ini. Kerja sama tersebut, kata dia, telah membawa kemajuan capaian vaksinasi di wilayah Tojo Una-Una khususnya dan wilayah Sulteng umumnya.

Kerjasama BIN dan Tim Puskesmas Matako dalam Kegiatan Vaksinasi Melalui Pelayanan Gerai dan Door To Door Ditengah Masyarakat Terus Berjalan dan Sukses.

“Hal ini kami lakukan dalam rangka  pencegahan Covid 19 dengan Vasinasi kepada Masyarakat yang hingga saat ini masih terus dilakukan hingga kedesa desa,” ujar Nandang.

Nandang mengatakan, sejak awal vaksinasi yang dilakukan oleh petugas vaksinator di wilayah Tojo Barat.

“kami telah memberikan vaksinasi sebanyak 2000-an orang. Dimana kerjasama Tim Vaksinator Matako dan BIN telah menghabiskan 2000 dosis untuk dosis 1, dosis 2, dan dosis 3. Bahkan di termin terakhir ini kami juga telah menghabiskan sekirar 500 dosis,” jelasnya.

Kata dia, Kegiatan di pusatkan di enam desa yakni desa Malei Tojo, desa Matako, desa Bambalo, desa Galuga, desa Ujung Tibu dan desa Toliba.

“Jadi pelaksanaan vaksinasi dilakukan berdasarkan pembagian wilayah tersebut dengan mengacu pada jadwal pelayanan biasa Puskesmas serta door to door ke desa-desa dan lokasi keramaian masyarakat untuk mencari sasaran vaksinasi,” katanya.

Lanjut Nandang, ada sejumlah desa yang disurati. Untuk wilayah Tojo barat belakangan ini masyarakatnya relatif kembali antusias untuk melaksanakan vaksinasi covid-19.

“Misalkan kalau kita turun kerumah mereka tetap layani, tetapi kalau kita hanya menunggu di Puskesmas Masyarakat hanya datang satu dua orang saja, jadi kita lakukan door to door ke rumah-rumah warga. Khususnya pada sore hari, dimana sebagian besar masyarakat adalah petani/pekebun, yang baru dapat ditemui di rumah pada waktu sore,” kata dia lagi.

“Jadi saat kita lakukan vaksin sore, itu masyarakat cenderung langsung Istirahat.M asyarakaf saat kita lakukan vaksin, ada juga yang menyampaikan keluhan pasca Imunisasi. Jadi disini kita juga miliki petugas tersendiri untuk menangani masyarakat yang sampaikan keluhan,kalau di kejadian yang mereka alami ada yang pingsan,ada yang lemas, ada yang pusing. Itu cepat kita tangani,jelasnya. Allhamdulillah kegiatan kerjsama vaksinasi BIN dan Tim Vaksinator PKM Matako tetap berjalan dengan baik,” tutupnya.

Reporter : Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.