Dinsos Pohuwato Belajar Penanganan Anak PUNK dan ODGJ di Kabupaten Touna

0
131
Foto bersama kepala dinas Sosial Pohuwato dan kepala dinas Sosial Touna bersama staf

TNews, TOUNA – Pentingnya penanganan anak jalanan dan Orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) di sejumlah Kabupaten sangatlah di butuhkan.

Hal itu ditunjukan oleh dinas Sosial Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, dengan melakukan study tiru di dinas Sosial Kabupaten Tojo Una Una, yang dianggap berhasil menerapkan penanganan terkait dengan anak punk dan ODGJ di Touna.

Kepala dinas Sosial Kabupaten Pohuwato, Drs Ramon Abdjul M.M, Pd, mengatakan bahwa tujuan kedatangan dinas sosial kabupaten Pohuwato Kabupaten Tojo Una Una yakni tentang penanganan anak jalanan (PUNK) dan ODGJ.

“Tadi kita bicara persoalan ini, sebab kita bicara persoalan ini menjadi permasalahan Nasional,” tandasnya.

Dinas sosial Touna saat terima kunjungan dinas kepala dinas Sosial Kabupaten Pohuwato.

Dimana dengan adanya anak anak jalanan dan ODGJ ini bisa saja menganggu kamtibmas. “Sehingga kerjasama ini kita jalin, seperti apa penangananan ini dengan mengunakan program kegiatan dengan pendekatan kearifan lokal,” jelasnya.

“Kita ketahui bersama bahwa penanganan tetantang orang gila, dewasa ini cenderung meningkat. Sehingga perlunya kerjasama antara dinas Sosial se sesulawesi,” katanya.

Lanjut Ramon, untuk di Kabupaten Pohuwato sendiri ditangani sebagai standar pelaksanaan. “Jadi penanganan ODGJ ini kita tangani melalui lintas sektor, seperti dinas Sosial,Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, Kepolisian karena ada kaitan dengan pengamanan. Jangan sampai mengganggu keamanan, mengganggu keselamatan jiwa orang lain dan keselamatan dirinya,” tambahnya.

“Jadi model penanganan kita lakukan hingga yang bersangkutan benar benar dinyatakan sehat maupun normal,” tandasnya.

Dia harap kedepan kata Ramon dinas sosial Touna bisa lakukan kunjungan balasan ke Kabupaten Pohuwato sehingga ada sinergitas bagaimana kegiatan di lapangan.

Terpisah Kadinsos Touna Sutrisno Lasawedi,S.Sos,M.Si mengatakan bahwa kunjungan dari dinas Sosial Kabupaten Pohuwato dalam rangka Studi tiru terkait penanganan anak PUNK dan ODGJ di Kabupaten Touna.

“Tadi kita diskusi bagaimana penanganan agar berhasil,misalnya kemarin kita tangani anak anak PUNK yang biasa mangkal di Lampu merah Ampana dan penanganan ODGJ,” jelasnya.

Lanjut Sitrisno Pemerintah daerah dan Dinas Sosial menyambut gembira atas kehadiran dinas Sosial Kabupaten Pohuwato dalam rangka kunjungan kerja. “Dimana tujuan mereka yakni ingin mengadobsi dua lokus yang pertama penanganan anak jalanan dan penanganan anak dengan gangguan jiwa.Dimana di Touna tidak ada tempat untuk anak jalanan, kecuali sepanjang dia baik rapi silakan ke Touna,” katanya.

“Kita juga tegaskan jika kita temukan di lapangan langsung kita pulangkan. Kemudian kedua cara penanganan ODGJ setelah isoma kita akan berkunjung kerumah penderita ODGJ yang hingga saat ini terus kita upayakan perawatan dengan baik agar dia bisa hidup layak sebagaiana anak anak lainya,” tandasnya.

Reporter : Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.