PPDI Touna Gelar Bimtek Bagi Pemerintah Desa

0
56
Yusman Bakri S,Pd

TNews, TOUNA SULTENG – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tojo Una Una (Touna), menggelar bimbingan tehknis (Bimtek) bagi perangkat desa.

Ketua panitia Yusman Bakri S,Pd mengatakan dasar pelaksanaan bimtek yakni mengacu pada peraturan menteri dalam Negeri nomor 110 tahun 2016 tentang badan permusyawaratan desa, Peraturan Daerah Kabupaten Tojo Una Una nomor 2 tahun 2018 tentang badan permusyawaratan desa.

“Peraturan Menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” jelas Yusman.

Lanjut Yusman, tujuan dari kegiatan ini untuk membahas dan menemuka serta mendefenisikan permasalahan yang terjadi di desa serta untuk meningkatkan koordinasi dan kebersamaan antara BPD dan pemerintah desa.

“Karena BPD adalah mitra dari pemerintah desa.Kemudian lebih memahami dan mengetahui tugas dan fungsi BPD sebagai mana yang di amanatkan dalam Permendagri nomor 110 tahun 2016,pada pasal 31 dan pasal 32 tentang fungsi dan tugas BPD,” jelasnya.

“Untuk pembukaan Bimtek yakni kami mulai di kecamatan Tojo dan Tojo Barat dengan jumlah peserta 145 orang itu yang cluster 1.Kemudian cluster 2 kecamatan Ampana Tete dan Kecamatan Ratolindo, Cluster 3 kecamatan Ulubongka dan Kecamatan Ampana Kota, Cluster 4 Kecamatan Walea besar, Walea Kepulauan dan kecamatan Talatako, Dan cluster 5 kecamatan Una Una, Kecamatan Togean, Kecamatan Batudaka,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan nantinya akan berlangsung selama dua hari.

“Yang kami mulai sejak hari ini Kamis 17 dan 18 November 2022  yang dilaksanakan di Aula kantor camat Tojo Barat desa Tombiono, yang mana narasumber yang kita hadirkan yakni Akademisi dan dari Dinas PMD Kabupaten Tojo Una Una,” tambahnya.

Yusman berharap kegiatan ini nantinya bermanfaat bagi para peserta. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas PMD yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” tandasnya.

Reporter : Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.