Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Touna Imbau Masyarakat

0
27

TNews, TOUNA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tojo Una-Una, menghimbau masyarakat di daerah  terdampak, longsor, Banjir,  agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan  terhadap cuaca ekstrem,jelas sekretaris  BPBD Touna Rusdin Tamin.

Menurut Rusdin saat ini cuaca sedang ekstrim adanya curah hujan yang tinggi dapat berpotensi  bencana banjir dan longsor di beberapa titik rawan bencana di wilayah Touna.

“Adapun bebarap titik seperti ruas jalan trans Kecamatan Ulubongka, dan ruas jalan Desa Podi, Kecamatan Tojo dan sekitarnya yang terdampak rawan ,”ujarnya.

Rusdin  mengatakan, longsor diakibatkan kondisi tanah yang labil, sehingga saat musim hujan tiba pasti terjadi longsor hingga mengakibatkan jalanan tertutup.

Seperti longsor dan banjir yang terjadi di jalur Trans Kecamatan Ulubongka dan jalur  Trans Desa Podi, Kecamatan Tojo belum lama ini telah menghambat bagi pengguna jalan,”ujarnya.

Di wilayah itu, kata dia, jalan yang melintasi pegunungan merupakan daerah yang rawan longsor.

Diharapkan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan ketika hujan turun, khususnya yang melintasi jalur pengunungan yang rawan longsor.

Ditambahkan bahwa kesiapsiagaan bencana ini tidak hanya pemerintah daerah atau aparatur kecamatan, desa dan kelurahan saja, tetapi juga masyarakat.

 

Dales Lantapon

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.